Iduladha 2024, Gereja Katedral Jakarta Sumbang Seekor Sapi Kurban ke Masjid Istiqlal

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 16 Juni 2024 | 19:51 WIB
Gereja Katedral Jakarta (SinPo.id/Jakarta Tourisme)
Gereja Katedral Jakarta (SinPo.id/Jakarta Tourisme)

SinPo.id - Pihak Gereja Katedral Jakarta menyumbangkan seekor sapi untuk Masjid Istiqlal pada Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah. Hal ini merupakan sebagai bentuk toleransi dan kepedulian dan persaudaraan.

"Tahun ini Katedral menyumbang seekor sapi, ini sebagai semangat persaudaraan pada perayaan Iduladha 1445 Hijriah," kata Juru Bicara Masjid Istiqlal Ismail Cawidu dalam keterangannya, Minggu, 16 Juni 2024.

Selain seekor sapi, kata Ismail, Gereja Katedral juga menyediakan lahan parkir kendaraan jamaah yang akan melaksanakan Shalat Iduladha di Masjid Istiqlal. 

Ismail menyebut, hal ini sudah menjadi kegiatan rutin saat berlangsungnya kegiatan keagamaan di dua rumah ibadah tersebut.

"Ya betul, lahan parkir Katedral dibuka untuk jamaah Iduladha dan ini sudah berlangsung lama, demikian pula sebaliknya, bila Natal lahan parkir Istiqlal juga dibuka untuk jemaat Katedral," tutur dia. 

Lebih lanjut, dia menyampaikan, pelaksanaan Salat Iduladha 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal akan ditunjuk Martomo Malain sebagai imam dan Khatib Amien Suyitno. Nantinya, kata dia, Wakil Presiden (Wapres) RI direncanakan melakukan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

"Penyelenggaraan Shalat Iduladha besok Senin dimulai jam 07.00 WIB dan akan dihadiri Bapak Wapres dan para menteri dan duta besar negara sahabat," tandasnya. sinpo

Komentar: