Masjid Istiqlal Dapat Hadiah Puluhan Sapi Kurban dari Non-muslim

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 17 Juni 2024 | 11:47 WIB
Umat Islam sedang Salat Idul Adha 2024 di Masjid Istiqlal. (SinPo.id/Ashar)
Umat Islam sedang Salat Idul Adha 2024 di Masjid Istiqlal. (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id -  Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar mengatakan, pihaknya tak hanya menerima hewan kurban dari umat muslim saja, melainkan juga mendapatkan hadiah puluhan ekor sapi dari non-muslim untuk disembelih pada perayaan Iduladha 2024.

Hadiah berupa sapi-sapi tersebut berasal dari Gereja Katedral, Hotel Borobudur, termasuk Komunitas Tionghoa.

"Ada hadiah juga untuk menambah distribusi daging kurban. 22 ekor dari sahabat kita dari nonmuslim, ada dari Katedral sapinya besar, kemudian juga dari Hotel Borobudur itu menyumbang 20 ekor sapi besar-besar. Lalu ada dari rekan-rekan kita dari Komunitas Tionghoa itu, juga memberikan tambahan hewan kurban untuk diberikan ke mereka yang berhak," kata Nasaruddin di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin, 17 Juni 2024.

Nasarudin menyampaikan, sebenarnya yang wajib untuk berkurban itu adalah umat Islam yang berkemampuan. 

Namun hadiah sapi kurban dari umat non-muslim tersebut, menurut Nasarudin, merupakan wujud dari toleransi di Masjid Istiqlal. Masjid Istiqlal selalu mengupayakan komunikasi lintas agama.

"Inilah Indonesia, inilah Istiqlal, benar-benar kita menjalin sebuah toleransi. Ada understanding yang sangat dalam, lintas agama di Istiqlal ini," kata dia. 

Lebih lanjut, Nasaruddin menyatakan bahwa hewan-hewan kurban, baik sapi maupun kambing, akan disembelih pada Sabtu besok, mulai pukul 07.00 WIB. Hal ini karena panitia masih menunggu kurban yang lain.

Selain itu, Nasaruddin menyebut pembagian daging kurban dilakukan dengan cara diantar, supaya tidak terjadi antrean.

"Saya perlu jelaskan tidak ada ngantre di sini. Istiqlal proaktif membagikan kepada mereka yang benar-benar dinilai berhak. Ada perorangan jemaah aktif, dan ada juga binaan Istiqlal seperti panti asuhan dan pondok pesantren," tukasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI