Wapres Ma'ruf Serahkan Sapi Kurban Sebetat 1,2 Ton ke Masjid Istiqlal

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 17 Juni 2024 | 09:43 WIB
Wapres Ma'ruf Amin menyerahkan sapi kurban ke Masjid Istiqlal. (SinPo.id/Youtube)
Wapres Ma'ruf Amin menyerahkan sapi kurban ke Masjid Istiqlal. (SinPo.id/Youtube)

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyerahkan sapi kurban berjenis limosin seberat 1,2 ton ke Masjid Istiqlal. Selain itu, ia juga menyerahkan sapi kurban berjenis simmental seberat 1,3 ton milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta keluarga. 

Penyerahan hewan kurban itu diterima langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar di halaman Masjid Istiqlal, usai salat Iduladha, pada Senin, 17 Juni 2024. 

"Jadi tradisi setiap tahun, presiden, wakil presiden memberikan kurban di beberapa tempat, dan utamanya di Masjid Istiqlal," kata Ma'ruf dalam sambutannya. 

Ma'ruf Amin menyampaikan, kurban di masjid Istiqlal cukup banyak. Sesuai dengan sunnah Nabi Ibrahim, kurban untuk kepentingan para fakir dan miskin.

"Di Masjid Istiqlal, terus juga tiap tahun menyembelih kurban dan tahun ini cukup banyak, sekitar 50 sapi, kambing dan merupakan sunnahnya Nabi Ibrahim supaya setiap tahun kita mengeluarkan, karena kurban untuk kepentingan kepada orang fakir dan miskin," kata dia. 

Adapun penyerahan sapi dari Ma'ruf ini juga sekaligus menandai secara simbolis hewan-hewan kurban lain dari para pejabat dan masyarakat untuk Masjid Istiqlal.

"Kami atas nama Imam masjid istiqlal menerima hewan kurban atas nama Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden," kata Nasaruddin Umar saat menerima simbolis hewan kurban tersebut. 

Selain Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, ada juga sapi kurban dari Menhan Prabowo Subianto, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan wakil presiden terpilih hasil, Gibran Rakabuming Raka.

Secara total, pada Idul Adha kali ini, Masjid Istiqlal menerima 12 ekor kambing dan 50 ekor sapi kurban.sinpo

Komentar: