Politikus PDI Perjuangan: Perlu Ada Penyeimbang dan Kontrol Terhadap Kekuasaan

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 05 Mei 2024 | 11:59 WIB
Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu (SinPo.id/Juven)
Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu (SinPo.id/Juven)

SinPo.id - Politikus PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu menilai, keberadaan oposisi dalam demokrasi sangat penting. Karena, pemerintahan akan berjalan efektif dan bermanfaat bagi rakyat, apabila ada sistem kontrol pengawasan.

"Perlu ada penyeimbang dan kontrol terhadap kekuasaan, karena jika tanpa ada kontrol, yang terjadi bisa semena-mena," kata Masinton kepada wartawan pada Minggu, 5 Mei 2024.

Masinton menyampaikan, jika nanti PDI Perjuangan berada di kursi oposisi, pihaknya tidak hanya sekedar berbeda pendapat, tetapi memberikan berbagai alternatif kebijakan kepada pemerintah.

Langkah ini juga pernah PDI Perjuangan pada masa pemerintahan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selama 10 tahun.

Kala itu, PDI Perjuangan konsisten berada di luar pemerintahan dan aktif memberikan berbagai alternatif kebijakan yang bisa dinilai oleh rakyat serta baik bagi sistem pemeriksaan dan penyeimbang (check and balance) dan kontrol dari luar pemerintahan.

Namun, dia juga mengingatkan bahwa berada di luar pemerintahan bukan berarti pihak oposisi membenci atau anti terhadap pemerintah.

"Itu stigma yang selalu salah selama ini, karena kita belum mampu membangun kelembagaan demokrasi, termasuk melembagakan partai-partai politik yang ada di luar pemerintahan," kata Masinton.sinpo

Komentar: