MITIGASI BENCANA

Legislator Gerindra Minta BMKG Update Info Potensi Bencana

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 17 Mei 2024 | 17:27 WIB
Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti mengimbau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk terus siaga terhadap potensi bencana alam di Indonesia. BMKG diminta selalu menyampaikan informasi terkini soal potensi bencana alam di suatu wilayah.

Selain itu, Novita berharap adanya program relokasi untuk masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.

"BMKG juga kita minta untuk selalu update bagaimana situasi  terkini, sehingga masyarakat bisa segera antisipasi apa yang harus dilakukan (apakah harus meninggalkan tempat, apakah harus daerah tersebut tidak boleh ditempati oleh suatu penduduk, apakah pemerintahannya harus melakukan relokasi) itu sangat penting," kata Novita dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat, 17 Mei 2024.


Legislator fraksi Partai Gerindra ini juga mengingatkan agar BMKG terus meningkatkan kolaborasi dengan pihak lain, seperti Badan SAR Nasional (Basarnas). Kerja sama harus dilakukan agar semua pihak bisa cepat tanggap di tengah situasi potensi bencana.

Cuaca di beberapa wilayah Indonesia saat ini sedang dalam kondisi tak menentu. Bahkan, sebagian wilayah dilanda hujan lebat. Sementara di wilayah-wilayah lainnya mengalami cuaca panas hingga mencapai 37 derajat celsius.

Tak hanya itu, musibah bencana alam tengah melanda beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya bencana lahar dingin yang melanda Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Terlebih, BNPB telah menyampaikan 58 orang tewas dan 35 orang hilang dalam musibah lahar dingin di Sumbar tersebut. Bahkan, tak kurang dari 500 masyarakat di sekitar Gunung Marapi harus mengungsi ke wilayah lain yang lebih aman.sinpo

Komentar: