Heru Budi Groundbreaking Masjid Ar-Raudhah, Telan Anggaran Rp8 Miliar

Oleh: Lydia
Jumat, 08 Maret 2024 | 14:52 WIB
Heru Budi saat groundbreaking masjid Ar-Raudhah. (Foto/Pemprov DKI)
Heru Budi saat groundbreaking masjid Ar-Raudhah. (Foto/Pemprov DKI)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, melakukan peletakkan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Masjid Ar-Raudhah di Kelurahan Ragunan, Jakarta Selatan, pada Jumat (8/3/2024).

Heru berujar, masjid ini merupakan hadiah bagi warga Jakarta Selatan dalam rangka HUT DKI Jakarta. Ia pun menargetkan pembangunan masjid ini selesai pada Juni 2024 mendatang.

"Ditargetkan selesai pada akhir Juni. Ini sebagai hadiah untuk Kota Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, sudah terbangun Masjid Ar-Raudhah di bulan Juni dan bisa digunakan oleh masyarakat," kata Heru.

Heru mengatakan, masjid ini dibangun di lahan milik Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) dan memiliki luas 15x15 meter persegi yang dapat memuat 400 jemaah.

"Para umat muslim bisa beribadah, bisa salat di sini. Lahan ini cukup luas, Dinas KPKP bersama Dinas Pertamanan dan Hutan Kota akan menatanya agar lebih baik lagi secara bertahap," ujar Heru.

Lebih lanjut, Heru mengungkapkan bahwa pembangunan masjid ini memakan anggaran Rp8 miliar tanpa APBD sebesar. 

"Ini dilakukan bersama-sama, baik oleh para pejabat Pemprov DKI Jakarta dan terbuka juga untuk masyarakat jika ingin berpartisipasi membangun rumah ibadah. Sudah terkumpul Rp5 miliar, dari total bangunan dibutuhkan anggaran kurang lebih Rp8 miliar. Ini untuk sama-sama. Tidak ada APBD di sini," jelas Heru.

Sementara itu, Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin, sebagai panitia pembangunan Masjid Ar-Raudhah, menjelaskan, masjid ini diibaratkan sebagai mercusuar. 

Tidak hanya menunjang hubungan manusia kepada Tuhan, tetapi juga hubungan antarmanusia.

Nantinya, masyarakat bisa melihat langsung Masjid Ar-Raudhah dari jalan raya. Dalam proses pendanaan pembangunan masjid ini, masyarakat bisa turut berdonasi dengan melakukan scan QR code di banner yang tersedia.

"Rekan kami, Bank DKI, sudah menyediakan QRIS. Jadi, masyarakat yang mau menjadi donatur, menyambung pahala kita kelak, Insya Allah, itu juga bisa langsung scan QR code di sini," kata Arief.
 sinpo

Komentar: