Rudal Rusia Hantam Kastil Harry Potter di Ukraina, Lima Orang Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 01 Mei 2024 | 09:28 WIB
Kastil Harry Potter di Ukraina yang terbakar akibat serangan rudal Rusia. (SinPo.id/AP)
Kastil Harry Potter di Ukraina yang terbakar akibat serangan rudal Rusia. (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Pihak berwenang Ukraina melaporkan lebih dari lima orang tewas dan lebih dari 30 orang lainnya menderita luka dalam serangan rudal Rusia di kota pelabuhan Laut Hitam, Odesa.

Serangan tersebut juga menghantam menara berbentuk kerucut dan atap sebuah lembaga pendidikan yang dikenal secara lokal sebagai “kastil Harry Potter”.

Menurut laporan, dua anak-anak dan seorang wanita hamil termasuk di antara 30 orang yang terluka dalam serangan tersebut.

“Pecahan logam dan puing-puing rudal ditemukan dalam radius 1,5 kilometer (hampir 1 mil) dari lokasi serangan,” kata Jaksa Agung Ukraina, Andriy Kostin, dilansir dari CNN pada Rabu, 1 Mei 2024.

Selain itu, Kostin juga mengungkap bahwa berdasarkan hasil penyelidikan, militer Rusia diketahui telah menggunakan rudal balistik Iskander dan munisi tandan dalam serangan dengan tujuan menimbulkan banyak korban.

Padahal penggunaan, pemindahan, dan produksi munisi tandan dilarang oleh perjanjian internasional yang dikenal sebagai Konvensi Munisi Tandan. Namun, tidak ada pihak yang menandatangani konvensi tersebut.

Meski demikian, Ukraina juga telah menggunakan senjata tersebut dalam perang. Bahkan Amerika Serikat (AS) telah mengirimkan munisi tandan sebagai bagian dari paket bantuan militer tahun lalu.sinpo

Komentar: