Soal Sengketa Pilpres 2024​​​​​​​, Elite Politik Diharapkan Terima Apapun Putusan MK

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 28 Maret 2024 | 14:15 WIB
Gedung MK (SinPo.id/ Tio Pirnando)
Gedung MK (SinPo.id/ Tio Pirnando)

SinPo.id - Manajer Riset dan Program The Indonesian Institute Center for Public Policy Research, Arfianto Purbolaksono berharap, para elite politik yang tengah melakukan gugatan hasil Pilpres 2024, nantinya menerima putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan lapang dada. Hal ini untuk menjaga agar situasi tetap aman dan damai. 

"Itu yang penting, menerima apapun hasil keputusan agar tidak terjadi kegaduhan dan memunculkan yang tidak kita inginkan bersama," kata Anto, kepada wartawan, Kamis, 28 Maret 2024.

Anto menilai, sebenarnya ketegangan setelah pencoblosan, hanya terjadi di kalangan elite politik. Sedangkan masyarakat di bawah, justru tidak gaduh dan terkesan menerima hasil penghitungan suara KPU RI. Hal ini terlihat dari tidak adanya gelombang penolakan massa seperti yang terjadi pada Pemilu 2019.

Oleh karena itu, menurut Anto, sudah sepatunya elite lain mencontohkan sikap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan PKS yang mau menerima hasil penghitungan KPU.

"Ada manfaatnya juga petinggi parpol tidak membuat eskalasi konflik lebih besar. Dan hari ini tidak banyak pernyataan keluar dari elite partai politik yang mengomentari atau membangun opini ketika hari pertama persidangan MK ini," kata Anto.

Dia berharap dengan memanasnya konflik di MK, masyarakat tidak ikut terpancing. Sehingga potensi gelombang massa untuk menggelar aksi anarkis tidak terjadi.

"Kalaupun ada pengerahan massa adalah mereka bagian yang tidak puas atau terdampak dari putusan MK. Tapi eskalasi-nya tidak terlalu besar dan dari elite politik walaupun ada sinyalemen tertentu, tapi selama ini masih tetap positif," kata dia.sinpo

Komentar: