Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23 Usai Menang Adu Penalti Lawan Korsel

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 26 April 2024 | 04:11 WIB
Pemain, pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia berpose bersama usai mengalahkam Yordania dengan skor 4-1 dalam laga Grup A Piala Asia U-23 2024. (SinPo.id/PSSI)
Pemain, pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia berpose bersama usai mengalahkam Yordania dengan skor 4-1 dalam laga Grup A Piala Asia U-23 2024. (SinPo.id/PSSI)

SinPo.id - Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Korea Selatan (Korsel) melalui drama adu penalti. Dengan kemenangan ini, Tim Garuda Muda berhasil melaju ke Semifinal Piala Asia U-23 2024. Hasil ini juga semakin memperbesar peluang Indonesia ke Olimpiade Paris 2024.

Pertandingan prempat final Piala Asia U-23 2024 ini berlangsung di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha. Pertandingan digelar Kamis, 25 April 2024, malam waktu setempat, atau Jumat, 26 April 2024 dini hari WIB.

Pertandingan berlanjut melalui adu penalti setelah kedua tim tidak bisa mencetak gol di dua kali extra time atau perpanjangan waktu.

Babak pertama perpanjangan waktu tak membuahkan gol bagi kedua tim. Garuda Muda mencoba mengurung pertahanan Korsel pada babak kedua. 

Namun, skor imbang 2-2 bertahan hingga 120 menit. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Menjadi penendang pertama, Ramadhan Sananta berhasil mengeksekusi penalti, diikuti Pratama Arha, Struick dan Marselino yang juga berhasil.

Korsel menyapu bersih lima tendangan. Namun, Justin Hubner yang menjadi penendang penalti kelima Garuda Muda gagal. Tendangannya berhasil ditepis kiper Korsel.

Nasib baik masih berpihak ke Indonesia. Wasit melihat kiper bergerak lebih dulu dan penalti pun diulang. Hubner menggunakan kesempatan kedua untuk membobol.

Penendang keenam Korea gagal berkat tepisan Ernando. Kesempatan Garuda Muda menang dalam adu penalti, namun Arkhan Fikri yang menjadi eksekutor gagal mencetak gol. Sekor 5-5.

Penendang ketujuh Korsel berhasil, diikuti Kelly Sroyer yang juga berhasil. Skor 6-6. Kemudian penendang kedelapan Korsel juga berhasil, direspons Rizky Ridho. Sekor menjadi 7-7.

Penendang kesembilan Korea lagi-lagi berhasil, Muhammad Ferarri juga membalas dengan berhasil mengeksekusi. Skor jadi 8-8. Kemudian Kiper korea menjadi penendang kesepuluh, dan berhasil, Ernando Ari turut membalasnya. Skor 9-9.

Baru pada penendang ke-12, Ernando kembali berhasil menepis sepakan penalti Korea. Pratama Arhan yang manjadi penentu kemenangan Garuda muda berhasil mengeksekusi penalti. Skor akhir 10-11.sinpo

Komentar: