Rupiah Melemah, Legislator Minta Pemerintah Cari Langkah Antisipatif

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 24 April 2024 | 19:49 WIB
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan Subchi (SinPo.id/Parlementaria)
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan Subchi (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan Subchi meminta pemerintah mencari langkah antisipatif untuk menyelamatkan perekonimian Indonesia, di tengah melemahnya rupiah akibat konflik di Timur Tengah.

“Tentunya cadangan fiskal kita harus diperkuat kemudian penjajakan-penjajakan untuk antisipasi dampak internasional juga harus dilakukan," kata Fathan dalam sebuah pernyataan, dikutip Rabu 24 April 2024.

"Kedua, menjaga inflasi, menjaga daya beli, dan juga kita melakukan langkah-langkah pengetatan ikat pinggang lah dan belanja-belanja yang tidak prioritas harus kita tahan dulu sambil menunggu situasi yang membaik," lanjutnya.

Menurutnya, pemerintah harus serius menyusun langkah-langkah antisipatif karena situasi saat ini tidak dapat diprediksi. Terlebih jika ketegangan antara Israel dan Iran berlanjut, maka situasinya akan sangat mengkhawatirkan, khususnya bagi perekonomian dunia.

"Oleh karena itu Bank Indonesia, Menteri Keuangan, OJK dan seluruh stakeholder harus segera (menyusun) langkah-langkah yang cukup serius untuk mengatasi pelemahan Rupiah ini,” tegasnya.

Terakhir, Fathan juga meminta agar setiap pihak ikut ambil bagian dalam menyelamatkan dan menjaga ekonomi nasional. Salah satunya dengan memperkuat cadangan fiskal.sinpo

Komentar: