Pemerintah Sukses Hadirkan Listrik di Wilayah 3T Melalui PMN

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 12 Mei 2024 | 13:47 WIB
Warga Dusun Cimpur, Desa Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau bersuka cita saat penyalaan listrik 24 jam oleh PLN. (SinPo.id/Dok. PLN)
Warga Dusun Cimpur, Desa Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau bersuka cita saat penyalaan listrik 24 jam oleh PLN. (SinPo.id/Dok. PLN)

SinPo.id - Pemerintah melalui PT PLN (Persero) telah sukses menghadirkan listrik di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), dengan adanya Penyertaan Modal Negara (PMN). Hal itu dilakukan untuk mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh masyarakat.

Salah satu bentuk dari upaya tersebut diimplementasikan di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Dimana sebanyak 274 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Cimpur, Dusun IV Pauh Ranap dan Desa Pauh Ranap kini sudah bisa menikmati listrik 24 jam.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung Pemerintah untuk meningkatkan elektrifikasi nasional. Komitmen tersebut selaras dengan wujud kehadiran negara dalam mengamalkan keadilan energi.

”Ini merupakan wujud nyata negara hadir bagi saudara kita yang berada di wilayah 3T," kata Darmawan melalui keterangan persnya, Minggu 12 Mei 2024.

"Dengan dukungan Pemerintah melalui PMN, perseroan terus mengupayakan pembangunan akses kelistrikan hingga ke ujung negeri sebagai wujud pengamalan sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” lanjutnya.

Oleh karena itu, berharap kehadiran akses listrik bagi warga mampu menjadi katalisator pembangunan ekonomi masyarakat di wilayah 3T khususnya di Kabupaten Indragiri Hulu.

Di samping itu, pihaknya juga berkomitmen untuk mengeskalasi elektrifikasi nasional guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh penjuru negeri.

”Kami berharap dengan hadirnya akses kelistrikan di wilayah 3T bisa mendukung aktivitas dan produktivitas masyarakat sehingga meningkatkan kesejahteraan di Indonesia,” tandasnya.sinpo

Komentar: