Hadapi Tantangan Global, Ketua Banggar DPR Minta Gubernur BI Bangun Chemistry dengan KSSK

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 23 Februari 2023 | 03:23 WIB
Bank Indonesia/Net
Bank Indonesia/Net

SinPo.id -  Ketua Banggar DPR RI, Said Abdullah meminta gubernur Bank Indonesia membangun kedekatan dengan sejumlah kementerian/lembaga. Menurut dia, hal itu penting karena Indonesia akan menghadapi tantangan ekonomi global yang tidak mudah.   

"Hemat Gubernur BI harus telah terbangun chemistry dengan jajaran KSSK. Sudah terbentuk bonding dengan Saudari Menteri Keuangan, serta para Komisioner OJK dan LPS," kata Said, Rabu 22 Februari 2023.

BI berperan strategis, seperti mengendalikan tingkat inflasi, dan juga memastikan nilai tukar rupiah terhadap sejumlah mata uang utama global, khususnya Dolar Amerika Serikat (USD) stabil.

Sehingga, kata dia, dibutuhkan gubernur BI yang bisa memastikan ekonomi kita tetap tumbuh berkelanjutan.

"Kita membutuhkan sosok Gubernur BI yang bisa sigap, dan tanggap terhadap berbagai tantangan baru yang tidak terduga. Kita butuh sosok Gubernur BI yang bisa membantu pemerintah ketika menghadapi tahun sulit, seperti menghadapi pandemi covid19 tahun 2020-2021 lalu," ungkapnya.

Selain itu, kata Said, tugas penting lainnya bagi Gubernur BI adalah memastikan kelanjutan pengaturan tentang lalu lintas dan cadangan devisa negara, untuk memastikan devisa negara memiliki dampak multiplayer pada ekonomi nasional.

"Kita juga membutuhkan sosok Gubernur BI yang bisa dan telah membangun hubungan baik dengan DPR, terutama kepada Pimpinan DPR, terkhusus Ibu Ketua DPR, alat kelengkapan dewan seperti Badan Anggaran dan Komisi XI DPR," paparnya.

Sementara, hal yang perlu dipertimbangkan lainnya, yakni sosok Gubernur BI diharuskan memiliki jaringan internasional, guna menambah kepercayaan pasar, khususnya investor internasional terhadap pasar keuangan Indonesia.

"Sosok Gubernur BI yang diakui secara internasional akan mendorong capital inflow untuk menguatkan pasar keuangan kita. Agenda ini perlu diperkuat oleh Gubernur BI kedepan," kata Said menambahkan.sinpo

Komentar: