KPU DKI Gelar Simulasi Pemungutan Suara: Agar Semua Paham Regulasi

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 24 Oktober 2024 | 16:52 WIB
Anggota KPU DKI Dody Wijaya. (SinPo.id/Dok. KPU DKI)
Anggota KPU DKI Dody Wijaya. (SinPo.id/Dok. KPU DKI)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengadakan simulasi pemungutan dan perhitungan suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024 di kawasan Johar Baru pada hari ini. 

Anggota KPU DKI Dody Wijaya mengatakan simulasi ini dihadiri oleh sekitar 500 pemilih terdaftar dan petugas KPPS, dimulai pukul 07.00 WIB.

Dody juga menjelaskan simulasi ini bertujuan untuk mengukur pemahaman KPPS, saksi, dan pengawas tempat pemungutan suara (TPS) terhadap regulasi Pilgub Jakarta 2024 ini. 

"Tujuan simulasi ini adalah untuk mengukur sejauh mana pemahaman KPPS, saksi, dan pengawas TPS terhadap regulasi dan peraturan perundang-undangan," kata Dody kepada wartawan, Kamis, 25 Oktober 2024.

Menurut dia, kegiatan ini berfungsi untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. 

"Kami menargetkan Sirekap harus selesai dalam waktu 1x24 jam. Yang paling penting hari ini adalah bagaimana KPPS mampu untuk melakukan potret atau foto dan pengunggahan data ke dalam server Sirekap," ungkap dia. 

Lebih lanjut, Dody menuturkan, simulasi ini dihadiri oleh perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI, tim pendukung calon, dan instansi terkait lainnya. 

"Nanti KPU kabupaten/kota, PPK, dan PPS akan melihat langsung karena simulasi serupa juga akan dilakukan di enam kabupaten/kota dan 44 kecamatan," ujar Dody. 

"KPU berharap dapat meningkatkan pemahaman dan kesiapan semua pihak yang terlibat dalam proses Pilgub Jakarta 2024 ini," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI