KEMERDEKAAN

Bertemu Sekjen PLO, Menlu Dukungan Indonesia untuk Kemerdekaan Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 24 Oktober 2024 | 14:10 WIB
Menlu Sugiono saat bertemu Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hussein Al Sheikh (SinPo.id/ Dok. Kemlu)
Menlu Sugiono saat bertemu Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hussein Al Sheikh (SinPo.id/ Dok. Kemlu)

SinPo.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Sugiono, menegaskan kembali dukungan dan komitmen Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaan. 

Hal itu ia sampaikan dalam pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hussein Al Sheikh, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Plus.

“Saya akan memastikan bahwa isu Palestina selalu berada di garis depan diplomasi Indonesia, dan kami akan terus berdiri tegak bersama rakyat Palestina," kata Sugiono, dikutip Kamis 24 Oktober 2024.

“Dukungan kepada Palestina ini juga disampaikan oleh Presiden RI Prabowo Subianto saat pelantikannya sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024 lalu,” tambahnya.

Selain itu, ada tiga hal yang ia sampaikan, pertama, menekankan kembali dukungan politik untuk Palestina termasuk dengan terus  mendorong gencatan senjata permanen dan upaya-upaya perdamaian lainnya menuju Solusi Dua Negara.

Kedua, menegaskan kembali komitmen bantuan kemanusiaan RI kepada Palestina, baik secara bilateral, maupun melalui badan PBB seperti UNRWA dan ILO.

Ketiga, menegaskan pentingnya upaya kolektif untuk mendorong perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah. 

"Pertemuan BRICS ini harus dimanfaatkan untuk memperkuat kolaborasi sebagai kekuatan positif (positive force) untuk terus mengupayakan perdamaian di Palestina," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI