PILGUB JAKARTA

Hari Ini, KPU DKI Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pilgub Jakarta 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 24 Oktober 2024 | 10:58 WIB
Anggota KPU DKI Astri Megatari (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Anggota KPU DKI Astri Megatari (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta bakal mengadakan simulasi pemungutan dan perhitungan suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024 di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat. 

Anggota KPU DKI Astri Megatari mengatakan, simulasi ini dijadwalkan berlangsung pada Kamis, 24 Oktober 2024, hari ini. 

"Simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini merupakan arahan dari KPU RI. Ini akan sama persis seperti pelaksanaan pemungutan suara di hari H," kata Astri dalam keterangannya.

Menurut Astri, simulasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai aspek teknis yang dibutuhkan saat pemungutan suara. 

"Dari simulasi ini, KPU DKI dapat memperkirakan waktu yang dibutuhkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menghitung suara, serta memperhatikan hal-hal teknis seperti sarana untuk penyandang disabilitas," ungkap dia. 

Dalam simulasi ini, kata dia, KPU juga akan menguji prosedur penanganan logistik pemilu, termasuk kotak suara, terutama dalam situasi cuaca yang tidak menentu. 

"Kami perlu memastikan bagaimana 'handling' kotak suara jika terjadi hujan atau kondisi-kondisi lainnya," ujar Astri. 

Dia menambahkan saat ini KPU DKI tengah dalam tahap pelipatan surat suara dan menunggu logistik pemilu lainnya, seperti tinta dan alat bantu untuk tunanetra, sebagai persiapan menjelang pemilu yang akan datang.

Seperti diketahui, masa kampanye untuk Pilkada 2024 sendiri sudah dimulai sejak 25 September dan akan berakhir pada 23 November 2024.

Setelah itu, akan ada masa tenang dari 24 hingga 26 November, sebelum hari pencoblosan pada 27 November 2024. Penghitungan suara dan rekapitulasi hasil akan berlangsung hingga 16 Desember 2024.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI