GENOSIDA ISRAEL

WHO Sebut Hampir Seluruh Warga Gaza Mengalami Kelaparan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 10:43 WIB
Ilustrasi kelaparan (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi kelaparan (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan hampir semua orang di Jalur Gaza menghadapi kelaparan. Menurutnya, kondisi Gaza sat ini sangat tidak manusiawi.

"WHO menyerukan akses segera untuk semua bantuan kemanusiaan, dimulai dengan makanan dan obat-obatan untuk anak-anak yang kekurangan gizi parah, yang perlu segera dirawat," tulis Tedros di X, dinukil dari Anadolu, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Tedros menyebut, WHO terus menyerukan gencatan senjata di Gaza. "Karena obat terbaik adalah perdamaian," imbuhnya.

Diketahui, sejak tahun 2006, Israel telah mempertahankan blokade terhadap Gaza. Zionis telah mengubah wilayah itu menjadi apa yang banyak orang gambarkan sebagai penjara terbuka terbesar di dunia.

Israel masih terus melancarkan serangan brutal terhadap Gaza menyusul serangan lintas perbatasan oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober tahun lalu. Meski ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.

Lebih dari 42.400 orang tewas sejak itu, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan lebih dari 99.100 orang terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Serangan Israel telah menyebabkan hampir seluruh penduduk Jalur Gaza mengungsi di tengah blokade yang terus berlanjut yang menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Israel berhadapan dengan kasus genosida di Mahkamah Internasional atas tindakannya di Gaza.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI