Kapolri Pantau Pergerakan Massa yang Hendak Demo 20 Oktober

Laporan: Firdausi
Jumat, 18 Oktober 2024 | 14:25 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/Dok.Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/Dok.Polri)

SinPo.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memantau langsung pergerakan kelompok-kelompok yang akan melakukan aksi unjuk rasa saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu, 20 Oktober 2024.

"Ada kelompok-kelompok yang kita pantau. Yang akan melakukan aksi (unjuk rasa) saat pelantikan Prabowo-Gibran," kata Sigit kepada wartawan, Jumat, 18 Oktober 2024.

Sigit memastikan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden akan berjalan dengan lancar dan aman.

"Tentunya kita pastikan keamanan pelantikan Prabowo-Gibran," ungkapnya.

Dia juga mengamati keramaian masyarakat yang hendak menyambut Prabowo-Gibran di titik keberangkatan hingga menuju gedung DPR/MPR RI.

"Kami juga mendapatkan informasi bahwa menjelang titik keberangkatan dari masing-masing menuju DPR, MPR dan sebaliknya nanti akan dihadiri oleh masyarakat," ujarnya.

"Ya tentunya ingin ikut menyambut kehadiran presiden lama dan presiden baru. Ini juga akan kita kawal pengamanannya," ungkapnya.

Seperti diketahui, polisi akan menerapkan pengaturan lalu lintas selama momen pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka di Gedung DPR MPR RI, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Hal itu juga dilakukan di sejumlah ruas jalan, khususnya Jalan Sudirman-Thamrin yang nantinya bersifat situasional sambil memperhatikan skala prioritas.

Dalam hal ini, total personel gabungan dari Polri dan TNI yang dikerahkan mencapai 115 ribu personel gabungan. Selain itu, Polri dan TNI juga berkolaborasi untuk melakukan mitigasi perihal ancaman saat pelantikan presiden dan wakil presiden.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI