Pemprov DKI Sebut Pulau Sampah Gagasan Heru Tetap Dilanjutkan

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 18 Oktober 2024 | 15:05 WIB
Ilustrasi pulau sampah.(SinPo.id/dok. Jakpro)
Ilustrasi pulau sampah.(SinPo.id/dok. Jakpro)

SinPo.id - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, rencana pembangunan pulau pengelolaan sampah yang digagas oleh Heru Budi Hartono, tetap berlanjut pada kepemimpinan Gubernur DKI berikutnya.

"(Pulau sampah) ini memang sudah menjadi bagian dari rencana pemerintah daerah," kata Asep kepada wartawan pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Asep menjelaskan, program pembangunan pulau sampah itu telah dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk dijalankan Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta mendatang.

"Kami juga sudah masukkan ini ke RPJMD dan pembangunan pulau sampah ini juga sudah menjadi proyek strategis nasional, PSN. Mudah-mudahan penerus dari gubernur Pj Heru ini juga bisa tetap (melaksanakan) dengan dokumen-dokumen tersebut," kata Asep.

Dan, Pemprov akan memulai perencanaan pembangunan pulau sampah pada tahun 2025. Secara bertahap, kajian mengenai regulasi reklamasi pulau untuk pengelolaan limbah dan sampah akan dilakukan.

Asep mengakui, rencana pulau sampah ini menuai kritikan dari DPRD DKI, karena dikhawatirkan akan berdampak terhadap kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari proyek tersebut.

Namun, Asep memastikan, Pemprov akan membangun pulau tempat pembuangan sampah akhir (TPA) alternatif ini dengan tetap memperhatikan keadaan lingkungan.

"Memang ini baru dalam tahapan kajian, belum dalam tahapan konstruksi. Dalam tahapan kajian ini pasti kami akan menyebabkan seluruh pemerhatian dan kepentingan terhadap lingkungan," kata dia.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI