Jumlah Korban Tewas Akibat Topan Super Yagi di Vietnam Bertambah

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 11 September 2024 | 10:14 WIB
Foto: AP
Foto: AP

SinPo.id -  Jumlah korban tewas di Vietnam akibat Topan Super Yagi meningkat menjadi 127 orang. Pasalnya, badai terburuk di Asia tahun ini telah menyebabkan banjir dan tanah longsor yang telah mengubur banyak rumah penduduk.

"Tanah longsor dan banjir yang dipicu oleh topan tersebut telah menewaskan sedikitnya 127 orang di Vietnam utara dan 54 lainnya hilang," badan penanggulangan bencana Vietnam, dilansir dari ABC, Rabu 11 September 2024.

"Sebagian besar korban tewas dalam tanah longsor dan banjir bandang, sedangkan 764 orang lainnya terluka," imbuhnya.

Diketahui, topan tersebut mendarat pada hari Sabtu lalu di pantai timur laut Vietnam, menghancurkan sebagian besar kawasan industri dan pemukiman warga, serta membawa hujan lebat yang menyebabkan banjir, hingga tanah longsor.

Menurut media pemerintah Vietnam, beberapa sungai di Vietnam utara naik ke tingkat yang mengkhawatirkan, membuat desa-desa dan daerah permukiman terendam. Bahkan sebuah jembatan berusia 30 tahun di atas Sungai Merah di provinsi utara Phu Tho runtuh, dan menyebabkan delapan orang hilang.

Melihat kondisi tersebut, pihak berwenang langsung mengeluarkan perintah untuk membatasi lalu lintas di jembatan lain, termasuk Jembatan Chuong Duong, salah satu jembatan yang terbesar di Hanoi.sinpo