Jokowi Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Gantikan Risma

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 11 September 2024 | 10:37 WIB
Presiden Jokowi melantik Saifullah Yusuf sebagai Mensos
Presiden Jokowi melantik Saifullah Yusuf sebagai Mensos

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo resmi melantik Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Tri Rismaharini yang memilih mundur karena maju Pilgub Jawa Timur. Selain itu, Jokowi juga melantik Irjen Pol Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), pengganti Komjen Rycko Amelza Dahniel yang telah purna tugas.

Kepala Negara memimpin langsung sumpah jabatan menteri dan Kepala BNPT tersebut.

"Bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi mendiktekan sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 11 September 2024.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," sambung Jokowi.

Selanjutnya, menteri dan Kepala BNPT menandatangani berita acara pengambilan sumpah jabatan bersama Presiden Joko Widodo.

Pelantikan tersebut dihadiri sejumlah pejabat dan menteri, mereka adalah Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kemudian, Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi mengaku sudah menandatangani surat pengunduran diri yang diajukan oleh Risma.

Pasalnya, mantan Wali Kota Surabaya itu diketahui mendaftar menjadi calon gubernur Jawa Timur ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) bersama KH Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans.

Presiden lalu menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Mensos usai Tri Rismaharini mundur dari Kabinet Indonesia Maju.sinpo