Paus Fransiskus Pimpin Misa Kudus di Dili, Dihadiri 600 Ribu Orang

Oleh: VOA Indonesia
Rabu, 11 September 2024 | 01:48 WIB
Paus Fransiskus memimpin Misa Kudus di Esplanade Taci Tolu, Dili (SinPo.id/AP)
Paus Fransiskus memimpin Misa Kudus di Esplanade Taci Tolu, Dili (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Paus Fransiskus, Selasa, 10 September 2024, menyelenggarakan misa terbuka bagi ratusan ribu umat Katolik di Timor Leste. Mengutip para pejabat setempat, Vatikan mengatakan sekitar 600 ribu orang menghadiri misa itu. Sejumlah petugas pemadam menyemprotkan air ke arah hadirin, yang banyak di antaranya membawa payung berwarna khas Vatikan – putih dan kuning – untuk berlindung dari teriknya matahari.

Felicidade do Rosario, seorang ibu rumah tangga yang menghadiri misa itu, mengatakan kepada kantor berita AFP, “saya bersyukur karena dapat mengikuti Misa Kudus ini tanpa peduli usia saya. Saya tidak tahu apakah saya masih akan dapat hadir jika Paus datang lagi ke sini beberapa tahun mendatang. Tetapi sekarang ini, saya merasa sangat bahagia.”

Tempat yang sama telah menjadi saksi bagi momen penting dalam sejarah Timor Leste, ketika Santo Yohanes Paulus II memimpin misa pada tahun 1989, yang memberi penghiburan dan inspirasi bagi bangsa yang sedang memperjuangkan kemerdekaannya dari Indonesia.

Sebelum misa, Paus Fransiskus mengunjungi sekolah bagi anak-anak penyandang disabilitas di ibu kota, Dili.

Misa pada hari Selasa ini merupakan kegiatan utama dari lawatan 12 hari Paus Fransiskus ke empat negara di Asia Pasifik. Sebelumnya Paus Fransiskus telah mengunjungi Indonesia dan Papua Nugini, dan akan mengakhiri lawatannya di Singapura.sinpo