Seorang Pria Bersenjata dari Yordania Tewaskan Tiga Warga Sipil Israel

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 09 September 2024 | 06:37 WIB
Sumber: Reuters
Sumber: Reuters

SinPo.id -  Otoritas Israel mengatakan, seorang pria bersenjata dari Yordania menewaskan tiga warga sipil Israel di perlintasan perbatasan Jembatan Allenby di Tepi Barat yang diduduki.

Menurut para pejabat Israel, serangan itu terjadi di area kargo komersial di bawah kendali Israel tempat truk-truk Yordania menurunkan kargo yang memasuki Tepi Barat.

Perlintasan tersebut, dikenal juga sebagai Jembatan Raja Hussein, yang terletak di tengah-tengah antara Amman dan Yerusalem di utara Laut Mati.

"Seorang teroris mendekati daerah Jembatan Allenby dari Yordania dengan sebuah truk, keluar dari truk, dan melepaskan tembakan ke pasukan keamanan Israel yang beroperasi di jembatan tersebut," kata militer Israel, dilansir dari Reuters, Senin 9 September 2024.

"Teroris tersebut berhasil dilumpuhkan oleh pasukan keamanan, tiga warga sipil Israel dinyatakan tewas akibat serangan tersebut," imbuhnya.

Penyerang itu diketahui merupakan seorang pengemudi truk berusia 39 tahun yang berasal dari suku Huwaitat yang berpengaruh di Yordania selatan, menurut anggota keluarga.

Ia kemudian diidentifikasi oleh Kementerian Dalam Negeri Yordania sebagai Maher Ziab Hussein al-Jazi, seorang warga daerah Husseiniya di provinsi Ma'an, selatan Yordania.

Sentimen anti-Israel meningkat di Yordania, dan ratusan orang turun ke jalan di ibu kota Amman untuk merayakan serangan itu. Pria bersenjata itu dianggap telah membalas kematian ribuan warga Palestina dalam perang di Gaza.sinpo