MTQ ke-30 Digelar di Samarinda

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 09 September 2024 | 02:50 WIB
MTQ
MTQ

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo direncanakan membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-30 Tahun 2024. Pembukaan akan dilangsungkan di Gelora Kadrie Oening, Samarinda Kalimatan Timur, 08 September 2024 malam.

Selain Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Plt. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, pembukaan akan dihadiri oleh pejabat dan ribuan peserta MTQ dari seluruh provinsi dan masyarakat Kota Samarinda.

Rangkaian MTQ telah diawali dengan pawai taaruf peserta, malam taaruf peserta dan official kafilah bersama Plt. Gubernur Kalimantan Timur, Dirjen Bimas Islam dan sejumlah pejabat lainnya. Selanjutnya, pada sore nanti pelantikan Dewan Pengawas, Dewan Hakim dan Panitera MTQ oleh Menteri Agama.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-30 akan digelar di Provinsi hingga16 September 2024.

Kementerian Agama telah menetapkan 1.998 peserta terdiri dari 1.567 peserta inti dan 431 cadangan. Sejumlah mekanisme pelaksanaan MTQ Nasional dilakukan berbasis aplikasi, antara lain pendaftaran melalui e-MTQ, penerapan e-Maqra, dan penilaian dengan menggunakan e-Scoring. Digitalisasi proses ini sebagai bagian dari wujud akuntabilitas dan peningkata kualitas MTQ.

Cabang MTQ ke-30 ini meliputi Musabaqah Tilawah Al Qura’n, Musabaqah Qiraah Al Qura’n, Musabaqah Hafalan Al-Qur’an, Musabaqah Tafsir Al Qur’an, Musabaqah Fahmil Al Qur’an, Musabawah Syarhil Al Qur’an, Musabaqh Kalighrafi Al Qur’an, dan Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an.

Pada MTQ ini juga digelar Pameran MTQ dan Halal Food, Pameran Kaligrafi Internasional, dan seminar tentang Al Quran di Convention Hall Samarinda.sinpo