Menteng Heritage Society Kunjungi Jalan dan Cagar Budaya

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 09 September 2024 | 02:47 WIB
Menteng Heritage Society
Menteng Heritage Society

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Menteng Heritage Society melakukan kunjungan penulusuran jalan dan cagar budaya di wilayah Menteng, Jakarta Pusat. 

Ketua Menteng Heritage Society, Halida Hatta mengatakan, kegiatan bersama Pemprov DKI ini dilakukan dalam rangka menjaga kelestarian dan keaslian kawasan Menteng sebagi kawasan bersejarah. 

"Kami sebagai perkumpulan pelestari kawasan bersejarah di Menteng mengajak pihak yang berwenang dalam hal ini Pemprov DKI untuk bersama-sama melihat pelestarian dan penataan di kawasan Menteng sesuai dengan peruntukannya," ujarnya, Minggu (8/9). 

Festival Tjikini Berlangsung Meriah

Halida menjelaskan, kegiatan hari ini juga sebagai bentuk advokasi kebijakan dan pendekatan kepada pemangku kepentingan untuk menghasilkan sebuah energi dalam mencarikan suatu pendekatan atau keputusan-keputusan yang terbaik. 

"Kita ingin Pemprov DKI dapat mengambil kebijakan atau keputusan terbaik, mulai dari penataan ruang publik hingga permasalahan hunian, seperti Izin Mendirikan Bangunan yang harus sesuai dengan yang diajukan," terangnya.

Menurutnya, dalam menuju Jakarta ke 500 tahun nanti, Menteng Heritage Society menginginkan agar kawasan Menteng ini sudah sesuai penataannya seperti, tempat ruang publik, penataan kawasan hijau, tata air, dan lain sebagainya.

"Kami ingin kawasan Menteng ini menjadi kawasan yang aman dan nyaman bagi semua masyarakat. Semoga semua yang dibahas hari ini tercapai agar ciri khas kawasan Menteng sebagai kawasan dengan berjuta sejarah akan kembali kepada konsep semula," ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati menuturkan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti, Dinas Kebudayaan, Dinas Parekraf, Satpol PP DKI dan stakeholder lainnya hari ini melakukan tur ke jalan atau lokasi berserjarah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. 

Dalam perjalanan mengelilingi kawasan Menteng ini, para tokoh yang hadir seperti, Gubernur DKI Jakarta periode (2007-2012), Fauzi Bowo, Meutia Hatta, Halida Hatta, dan Menteng Heritage Society memberikan saran, masukan dan atensi terkait kawasan Menteng agar peruntukannya masih sama seperti dahulu. 

"Ini sangat menarik. Dalam diskusi setelah acara ini, kami juga sampaikan nantinya Pemprov DKI akan melakukan beberapa tahapan, mulai proses jangka pendek, menengah, dan panjang mengenai seluruh saran, masukan, dan atensi yang disampaikan," bebernya.

Ia berharap, melalui kegiatan seperti ini, keaslian atau pelestarian lingkungan bersejarah di Jakarta, khususnya di kawasan Menteng dapat terus dilakukan dan dijaga bersama. Sehingga, ciri khas kawasan Menteng tidak mudah ditinggalkan atau tergerus perkembangan zaman. 

"Alhamdulillah tadi mereka semua sudah mengapresiasi penataan di kawasan Menteng, salah satunya pembuatan Taman Setu Lembang yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat," tandasnya.sinpo