Prabowo Kunjungi 5 Negara Tetangga dalam 3 Hari, Perkuat Kerjasama Pertahanan

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 08 September 2024 | 13:21 WIB
Menhan Prabowo Subianto saat bertemu PM Malaysia Anwar Ibrahim (SinPo.id/Media Gerindra)
Menhan Prabowo Subianto saat bertemu PM Malaysia Anwar Ibrahim (SinPo.id/Media Gerindra)

SinPo.id - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sekaligus presiden terpilih 2024-2029 mengunjungi lima negara di Asia Tenggara sekaligus dalam kurun waktu tiga hari untuk bertemu dengan masing-masing pimpinan negara.

Kunjungan pertama Prabowo yakni ke Brunei Darussalam untuk bertemu dengan Sultan Haji Hassanal Bolkiah, di Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam, Kamis (5/9). Prabowo terbang dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta pukul 10:00 pagi.

Pertemuan antara Prabowo dengan Sultan Brunei ini membahas sejumlah isu strategis, terutama bidang pertahanan dan juga terkait dengan kerja sama bidang pendidikan di mana ia mengundang para perwira Brunei Darussalam untuk menempuh pendidikan program Magister di Universitas Pertahanan Republik Indonesia (The Republic of Indonesia Defence University/RIDU).

“Dengan senang hati, kami mengundang para perwira Angkatan Bersenjata Brunei untuk mendaftar di program magister yang ditawarkan di RIDU,” tutur Prabowo.

Usai melakukan kunjungan kerja di Brunei, Prabowo melanjutkan perjalanannya menuju Laos dan take off dari Bandara Brunei International Airport pada Kamis, 5 September pukul 14:27 waktu setempat dan tiba di Laos pukul 17:38 waktu setempat.

Setibanya di Laos, Prabowo bertemu dengan Presiden Republik Demokratik Rakyat Laos Thongloun Sisoulith dan Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone pada Jumat, 6 September 2024.

Dalam dua pertemuan itu dibahas berbagai isu strategis antara Indonesia dan Laos yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

"Kami memahami bahwa Indonesia dan Republik Demokratik Rakyat Laos tidak hanya memiliki hubungan bilateral tetapi juga komitmen terhadap stabilitas dan keamanan regional dalam komunitas ASEAN," ujar Prabowo.

Melanjutkan lawatannya, dari Laos Prabowo beranjak menuju Kamboja pukul 11:38 waktu setempat dan tiba di Kamboja pada pukul 12:40 untuk bertemu dengan Presiden Senat Kamboja, Samdech Akka Moha Sena Padei Techo (Hun Sen) dan Perdana Menteri Kamboja Samdech Moha Borvor Thipadei (Hun Manet).

Dalam pertemuan dengan Hun Sen, Prabowo menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Kamboja atas komitmen yang berkelanjutan untuk memperkuat kerja sama pertahanan dengan Indonesia.

“Ke depan, sangat penting bagi kedua negara untuk secara aktif mencari dan mengeksplorasi peluang baru untuk berkolaborasi, memastikan bahwa kemitraan kita tetap kuat dan responsif terhadap tantangan dan peluang yang muncul," kata Prabowo.

Kemudian, bersama dengan PM Hun Manet, Prabowo mengungkapkan keyakinannya bahwa Indonesia dan Kamboja dapat bekerja sama erat untuk berupaya memajukan kemakmuran dan kemajuan kawasan kedua negara.

"Dengan memperkuat kolaborasi kita, kita dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesejahteraan dan pembangunan ASEAN secara keseluruhan. Saya berharap kemitraan kita yang berkelanjutan dalam mencapai tujuan bersama ini," tutur Prabowo.

Masih di hari yang sama yakni Jumat, 6 September 2024, Prabowo melanjutkan kunjungan kerjanya menuju Thailand. Prabowo terjadwal terbang dari Kamboja pukul 17:37 waktu setempat dan tiba di Thailand pukul 18:27.

Adapun di Thailand, Prabowo ditemani putranya Didit Hediprasetyo menghadiri jamuan makan malam bersama dengan mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra bersama putrinya yang merupakan PM baru Thailand Paetongtarn Shinawatra di Bangkok, Jumat (6/9) malam.

"Terima kasih Yang Mulia, Dr. Thaksin Shinawatra karena telah mengundang saya untuk makan malam hangat di kediaman anda di Bangkok. Menghormati persahabatan antara keluarga kami, dan menantikan kedatangan Anda di Indonesia," tulis Prabowo.

Setelah menginap di Thailand, pada Sabtu pagi Prabowo bertolak dari Thailand menuju Malaysia pukul 09:11 waktu setempat untuk kemudian tiba di negeri Jiran Malaysia pukul 11:06 waktu setempat.

Di Malaysia, agenda Prabowo diawali dengan bertemu dengan Raja Malaysia Yang Maha Mulia Seri Paduka Baginda Yang Di-Pertuan Agong Sultan Ibrahim di Istana Negara, Kuala Lumpur. 

Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak membahas seputar penguatan kerja sama pertahanan dan berbagai isu strategis lainnya. Prabowo ingin kerja sama yang terjalin antara Indonesia dengan Malaysia terus berkesinambungan.

“Saya menghargai hubungan kuat antara kedua negara. Kita dan akan terus berusaha meningkatkan kerja sama, terutama dalam bidang pertahanan. Saya menghargai harapan baik anda dan berharap kemitraan kita terus berkembang untuk kepentingan bersama,” ujar Prabowo. 

Menutup kunjungan Prabowo di negara Asia, ia menemui sahabat karibnya Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim usai bertemu dengan Sultan Ibrahim.

Bersama Anwar Ibrahim, Prabowo membahas komitmen kerja sama bilateral kedua negara yang akan terus berjalan dengan baik selaras dengan penguatan hubungan RI-Malaysia di berbagai bidang. 

“Terima kasih atas diskusi yang konstuktif hari ini. Saya menegaskan kembali komitmen Kemhan RI untuk bersama-sama menciptakan hubungan bilateral pertahanan yang harmonis dan saling menguntungkan bagi kedua negara,” kata Prabowo.

Usai melawat lima negara Asia Tenggara, Prabowo bertolak kembali menuju Indonesia pukul 16:41 waktu Thailand dan tiba di Indonesia pukul 20:20 WIB.sinpo