PILGUB JATENG

Teman Seangkatan Andika Perkasa Ditunjuk Jadi Ketua Timses Luthfi-Taj Yasin

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 07 September 2024 | 15:39 WIB
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen (SinPo.id/ YouTube KPU Jateng)
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen (SinPo.id/ YouTube KPU Jateng)

SinPo.id - Asisten Khusus Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Letnan Jenderal TNI (Purn) Anto Mukti Putranto alias AM Putranto ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen. AM Putranto merupakan teman seangkatan mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa. 

"Saya ditugasi Pak Prabowo untuk membantu memenangkan pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen," kata AM Putranto saat deklarasi pembentukan tim pemenangan, Sabtu, 7 September 2024. 

Menurut dia, pasangan Luthfi-Taj Yasin yang didukung oleh gabungan 15 partai politik dalam menghadapi Pilgub Jateng 2024, diperlukan tim solid. 

"Ada 15 partai yang mendukung. Tanpa tim yang solid akan sia-sia," tambahnya.

Dalam susunan Tim Pemenangan Pasangan Luthfi-Taj Yasin, terdapat sejumlah nama purnawirawan petinggi TNI dan Polri.

Di jajaran dewan pembina, ada mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman, mantan Gubernur Jawa Tengah Letjen TNI (Purn) Bibit Waluyo, mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Sutarman, hingga mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Ari Dono Sukmanto. 

Sementara, bakal calon gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi, meminta para pendukung dan relawan melakukan cara-cara baik dalam meraih kemenangan. Kamenangan dalam Pilgub Jateng haruslah diraih dengan norma dan kaidah demokrasi yang santun.

"Kita semua ingin menang, tetapi lakukan dengan tidak memfitnah, tidak menyerang," katanya.

Sebagai informasi, AM Putranto adalah teman satu angkatan atau letting dari mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa, yang merupakan calon gubernur rival dari Ahmad Luthfi pada Pilgub Jateng.

Saat Andika Perkasa menjabat Panglima TNI pada 2021, AM Putranto masih bertugas di Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Kodiklatad) TNI-AD.

Kemudian, pada 2022, AM Putranto ditugaskan pada jabatan sipil menjadi Asisten Khusus Menteri Pertahanan (Kemenhan) Prabowo Subianto untuk Matra Darat Bidang Alutsista sejak 2022.

AM Putranto merupakan lulusan Akmil 1987 Korps Infanteri. Jabatan terakhir Jenderal bintang tiga ini adalah Komandan Kodiklat TNI AD.sinpo