KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada 2024 di Depok

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 07 September 2024 | 15:53 WIB
Gedung KPU RI (SinPo.id/RRI)
Gedung KPU RI (SinPo.id/RRI)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umm (KPU) RI melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Depok, Jawa Barat, pada Sabtu, 7 September 2024.

"Simulasi dimaksudkan sebagai bagian mencari yang paling ideal di TPS (tempat Pemungutan Suara) yang efektif, efisien dan tidak melelahkan," kata Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin kepada wartawan, Sabtu, 7 September 2024.

Menurut Afifuddin atau kerap disapa Afif, simulasi ini merupakan pertama kali untuk persiapan Pilkada guna mendapat gambaran umum untuk rangkaian kebijakan yang lebih baik lagi.

"Kami tentunya ingin pilkada serentak berjalan lancar," tutur dia. 

Lebih lanjut, Afif menuturkan, simulasi ini juga untuk memastikan 600 pemilih per-TPS bisa berjalan dengan baik, selain itu untuk penyederhanaan penghitungan suara.

"Pelaksanaan pilkada serentak diibutuhkan manajemen waktu bagaimana durasi sampai pukul 13.00 WIB bisa selesai dengan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. Simulasi digunakan sebagai bagian dari upaya mencari yang ideal," ujar Afif. 

Dia menambahkan, dalam simulasi ini pun terdapat beberapa catatan dan upaya untuk perbaikan guna mencari titik ideal, tanpa mengurangi proses pemilihan.

"Jadi simulasi ini merupakan bagian pertama nanti akan ada penyempurnaan," tandasnya. sinpo