Wakil Penasehat Keamanan AS Bertemu Presiden Ukraina Bahas Strategi Perang

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 05 September 2024 | 11:52 WIB
Wakil penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) Jon Finer. (SinPo.id/Kantor Presiden Ukraina)
Wakil penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) Jon Finer. (SinPo.id/Kantor Presiden Ukraina)

SinPo.id - Wakil penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) Jon Finer telah bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan pejabat lainnya di Kyiv untuk membahas prioritas utama dalam perang Ukraina dengan Rusia selama sisa masa jabatan Presiden Joe Biden.

Menurut juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih Sean Savett, pembahasan Finer mencakup soal keadaan perang dan strategi ke depannya. Finer juga mendapat kabar terbaru tentang bagaimana serangan Ukraina di Kursk berlangsung.

"Saat berada di Kyiv, Tn. Finer berkesempatan bertemu dengan Presiden Zelensky dan pejabat penting Ukraina lainnya untuk berkoordinasi dalam perencanaan strategis kami selama sisa masa jabatan Presiden Biden," kata Savett, dilansir dari The Independent, Kamis 5 September 2024.

Ia juga menjelaskan bahwa Finer melakukan perjalanan atas perintah Biden dan penasihat keamanan nasional Jake Sullivan untuk membahas dukungan AS bagi Ukraina selama Biden masih menjabat, karena masa jabatannya akan berakhir pada 20 Januari mendatang.

"Kami telah menggunakan pertemuan ini untuk membahas bantuan AS bagi militer, ekonomi, dan sistem energi Ukraina, di antara bidang-bidang lainnya, dan kami akan menggunakan hasil pertemuan ini untuk memajukan kebijakan presiden guna mendukung Ukraina hingga mereka menang dalam perang ini," jelasnya.

Diketahui, saat ini pasukan Rusia telah maju di timur Ukraina, sementara pasukan Ukraina telah melakukan serangan ke wilayah Kursk Rusia. sinpo