Ketua DPR: Kedatangan Paus Fransiskus Jadi Momen Penting untuk Kedamaian

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 04 September 2024 | 20:58 WIB
Paus Fransiskus bersalaman dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto di di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu, 4 September 2024. (SinPo.id/Tim Media)
Paus Fransiskus bersalaman dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto di di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu, 4 September 2024. (SinPo.id/Tim Media)

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, kedatangan Kepala Negara Kota Vatikan Paus Fransiskus, menjadi momen penting dan penuh makna untuk kedamaian serta toleransi antarumat beragama.

"Selamat datang Bapa Suci, Paus Fransiskus di Indonesia, negara ber-Bineka Tunggal Ika, negeri yang penuh keberagaman namun tetap satu,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Rabu 4 September 2024.

Ia juga mengapresiasi Paus Fransiskus yang memilih Indonesia sebagai salah satu negara tujuan pada agenda perjalanan apostoliknya. Terlebih Indonesia menjadi negara pertama di wilayah Asia Tenggara yang dikunjungi.

“Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kami Indonesia mendapat kunjungan Bapa Suci. Ini merupakan momen yang sangat penting dan penuh makna, terutama dalam konteks memperkuat kerukunan antar umat beragama," ungkapnya.

"Kunjungan Paus Fransiskus menggarisbawahi pentingnya nilai-nilai kemanusiaan yang harus selalu kita junjung tinggi, apalagi di tengah dinamika global yang penuh tantangan dan perang di berbagai belahan dunia," imbuhnya.

Selain itu, kata Puan, kehadiran Paus Fransiskus di Tanah Air mencerminkan pengakuan dunia internasional terhadap komitmen Indonesia dalam mempromosikan kerukunan dan perdamaian. Khususnya, di tengah masyarakat yang multikultural.

"Indonesia sebagai salah satu negara Muslim terbesar telah lama dikenal sebagai bangsa yang mampu hidup rukun di tengah keanekaragaman agama, suku, dan budaya. Hal tersebut tadi juga sempat disampaikan oleh Bapak Suci," tandasnya.sinpo