Rusia Tembakkan Sejumlah Rudal ke Ibu Kota Ukraina saat Tahun Ajaran Baru Dimulai

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 03 September 2024 | 10:59 WIB
Wali Kota Kiev Vitali Klitschko menegaskan Ukraina siap hadapi Rusia. (SinPo.id/AP)
Wali Kota Kiev Vitali Klitschko menegaskan Ukraina siap hadapi Rusia. (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Rusia telah menembakkan serangkaian rudal ke ibu kota Ukraina, Kyiv, beberapa jam sebelum ribuan anak kembali ke sekolah pada hari pertama di tahun ajaran baru, dan tiga orang dilaporkan terluka.

Wali Kota Kyiv, Vitali Klitschko, mengatakan pabrik pengolahan air, pintu masuk stasiun metro, dua sekolah, dan sebuah universitas mengalami kerusakan akibat serangan itu.

Di sekolah, para guru dan orang tua berusaha menjaga suasana tetap normal, dengan memutar musik, sementara para siswa tersenyum saat kedatangannya disambut oleh lautan bunga.

“Anak-anak tersenyum, tetapi Anda dapat melihat ketegangan di wajah para guru mereka yang menanggung beban ini," kata Klitschko, dilansir dari BBC pada Selasa, 3 September 2024.

Sementara sirene serangan udara berbunyi selama hampir dua jam saat serangan rudal tersebut berlangsung, sebelum akhirny langit dianggap cerah oleh militer.

Setelah serangan itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengatakan hari pertama sekolah merupakan hari terpenting di tahun ini bagi anak-anak, keluarga, dan guru mereka. 

"Semua sekolah kami, semua lembaga pendidikan tinggi yang beroperasi saat ini adalah bukti ketahanan rakyat kami dan kekuatan Ukraina," katanya di saluran Telegramnya. sinpo