Ketua Umum PSSI Bangga Indonesia Juara Piala Dunia Football Manager 2024

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 02 September 2024 | 10:59 WIB
Ichsan Rahmat Taufiq sebagai manajer dan Budi Muhamad Manar Hidayat mengangkat trofi saat menjuarai ajang FIFAe World Cup 2024 Football Manager. (SinPo.id/Instagram @fifae)
Ichsan Rahmat Taufiq sebagai manajer dan Budi Muhamad Manar Hidayat mengangkat trofi saat menjuarai ajang FIFAe World Cup 2024 Football Manager. (SinPo.id/Instagram @fifae)

SinPo.id - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir merasa bangga pada tim Indonesia yang berhasil meraih juara ajang FIFAe World Cup Football Manager 2024.

"Timnas Indonesia menang atas Jerman di partai final. Selamat Ichsan dan Manar. Bangga," tulis Erick melalui akun instagram @erickthohir pada Senin, 2 September 2024.

Tim Indonesia yang diwakili Ichsan Rahmat Taufiq (Ichsan) sebagai manajer dan Budi Muhamad Manar Hidayat (Manar) selaku asisten membawa pulang gelar juara setelah mengalahkan wakil Jerman pada laga final dengan skor 3-0 dan 5-2 sehingga secara total menang 8-2.

Sebelumnya, pada fase grup, Indonesia masuk di Grup C dan ditugaskan melatih Sporting Lisbon bersama empat rival lain. Ichsan dan Manar berhak melangkah ke semifinal setelah tampil sebagai juara grup dengan nilai 364.

Poin tersebut diraih setelah tiga musim menangani Sporting Lisbon dengan perincian 150 poin dari hasil di liga, 113 untuk turnamen, 65 untuk trofi, dan 36 poin dari penilaian manajemen.

Indonesia unggul dari negara-negara lain di Grup C yakni Polandia (343 poin), Prancis (331), Inggris (295), dan India (265).

Pada partai semifinal yang juga berlangsung pada Minggu malam, tim Indonesia sukses menundukkan wakil Inggris. Laga pertama berakhir imbang 2-2 sebelum menang 3-1 di pertandingan selanjutnya yang menghasilkan agregat 5-3.

Dominasi tim Merah Putih berlanjut hingga partai final berhasil mengalahkan Jerman, yang diperkuat Sven Goly sebagai manajer dan T Wheneett selaku asisten.

Erick mengaku bangga atas pencapaian terbaik tim Indonesia yang mengalahkan 19 negara anggota FIFA lainnya dalam ajang yang baru pertama kali digelar itu.

Ia pun mengunggah video penampilan tim Indonesia mengalahkan lawan-lawan hingga mengangkat trofi juara setelah kemenangan di partai final.

"Indonesia juara dunia," tulis Erick.sinpo