PILGUB JAKARTA

RK Janji Lanjutkan Kebijakan Tarif Gratis Angkot JakLingko

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 01 September 2024 | 19:47 WIB
Ilustrasi Mikrotrans atau JakLingko. (SinPo.id/ Dok. Pemprov DKI)
Ilustrasi Mikrotrans atau JakLingko. (SinPo.id/ Dok. Pemprov DKI)

SinPo.id - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (RK) berjanji akan tetap mempertahankan program era Anies Baswedan jika dianggap memiliki manfaat untuk masyarakat. Di antaranya, mempertahankan tarif Rp0 atau gratis pada angkutan Mikrotrans di sistem JakLingko.

"Semua yang baik dari Pak Anies saya pertahankan," kata RK di Jakarta Timur, Minggu, 1 September 2024. 

RK menyampaikan akan mengusung konsep keberlanjutan dalam memimpin Jakarta. Program-program yang baik para gubernur sebelumnya, mulai dari Joko Widodo, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, Anies Baswedan, hingga Pj Gubernur Heru Budi Hartono, akan dilanjutkan. 

"Yang baik dari Pak Jokowi dilanjutkan, yang baik dari Pak Anies dilanjutkan. Kalau terpilih, ya. Yang dari Pak Ahok dilanjutkan, yang baik dari Pak Heru dilanjutkan," urainya.

Dalam kesempatan itu, RK mengaku akan membangun suatu kawasan permukiman baru sebagai upaya mengendalikan banjir pesisir atau rob.

Pembangunan kawasan baru ini, diakui RK, merupakan tugas yang diperintahkan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. RK akan menjalankan tugas tersebut jika memenangkan Pilkada Jakarta.

"Pak Prabowo sudah menugaskan kami menyiapkan kawasan baru Untuk mengendalikan banjir di utara, tapi bukan bendungan. Bentuknya adalah sudah ada rumah, perumahan, ada pasar, dan lain sebagainya," urainya.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu juga membeberkan rencana lain, di antaranya mengoperasikan kendaraan yang berisi psikiater untuk melayani konsultasi jiwa warga.

Lalu, RK dan pasangan cawagubnya, Suswono, juga ingin memperluas ruang terbuka hijau (RTH), serta memperbanyak titik-titik car free day (CFD) di setiap kecamatan.

 sinpo