Puan Paparkan Kinerja DPR RI Selama Satu Tahun Masa Sidang

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 29 Agustus 2024 | 14:52 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua DPD RI Lanyalla Mahmud Mattalitti. (SinPo.id/Dok. DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua DPD RI Lanyalla Mahmud Mattalitti. (SinPo.id/Dok. DPR RI)

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani, memaparkan kinerja DPR RI tahun sidang 2023-2024 yang bertema ‘DPR Perkuat Persatuan dan Gotong Royong Menuju Indonesia Sejahtera’, dalam Rapat Paripurna Khusus Hari Ulang Tahun DPR RI ke-79, hari ini.

Adapun salah satu kinerja yang dilakukan DPR pada Masa Tahun Sidang 2023-2024 adalah ikut mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 agar memenuhi amanat konstitusi, yaitu pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. 

“Rakyat telah menggunakan haknya dan pemilu 2024 telah terlaksana, telah terpilih Presiden dan Wakil Presiden, telah terpilih Anggota DPR RI dan DPRD, serta telah terpilih juga anggota DPD RI,” kata Puan, di ruang Rapat Paripurna DPR RI, Kamis 28 Agustus 2024.

Selain itu, ia juga menyoroti soal kebutuhan membangun kelembagaan politik melalui Pemilu. Menurutnya, hal itu membutuhkan biaya yang besar. 

“Politik itu mahal, bahkan untuk kalah pun kita harus mengeluarkan dana yang besar. Oleh karena itulah, kita harus terus menyempurnakan praktik berdemokrasi yang semakin berkeadaban dalam memenuhi amanat konstitusi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Puan juga meminta kepada seluruh anggota dewan untuk bekerja bersama membangun kelembagaan DPR RI yang berintegritas. Karena DPR harus memiliki kehormatan sesuai dengan kedudukannya untuk mempersatukan rakyat 

"Atas nama Pimpinan DPR RI, kami menyampaikan selamat bekerja dan berjuang dalam mengabdikan diri bagi kepentingan rakyat, bangsa, dan negara. Selamat Ulang Tahun Ke-79 DPR RI. Dirgahayu DPR RI," tuturnya.

Diketahui, Rapat Paripurna khusus HUT DPR itu dihadiri oleh mantan pimpinan DPR antara lain Ketua DPR Periode 2004-2009 Agung Laksono, Ketua DPR Periode 2009-2014 Marzuki Alie, Wakil Ketua DPR Periode 2009-2014 Priyo Budi Santoso, dan Wakil Ketua DPR Periode 2014-2019 Agus Hermanto.

Turut hadir pula Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, beberapa pimpinan lembaga negara yakni Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin dan Ketua Komisi Yudisial (KY) Prof. Amzulian Rifai, serta perwakilan Pemerintah yaitu Menkopolhukam Hadi Tjahjanto dan Sekjen DPR Indra Iskandar.sinpo