Jokowi Terima Paus di Istana pada 4 September

Oleh: VOA INDONESIA
Selasa, 27 Agustus 2024 | 03:40 WIB
PAUS FRANSISKUS
PAUS FRANSISKUS

SinPo.id -  Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto menjelaskan rencana kunjungan Paus Fransiskus dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 26 Agustus 2024.

“Jadi sesuai dengan acara program yang sudah kita bahas dengan pihak Vatikan, rencananya Paus akan tiba di Jakarta pada tanggal 3 September 2024 yang akan datang. Kemudian pada tanggal 4 September sebagai tamu negara tentunya akan diadakan acara upacara resmi kenegaraan yang akan diterima oleh Bapak Presiden di Istana Merdeka dan juga akan ada kegiatan di istana negara pada tanggal 4 September,” ungkap Andy.

Paus Fransiskus pada 5 September, menurutnya, dijadwalkan akan melakukan misa akbar di kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Selain itu, paus juga akan mengunjungi dan berkegiatan di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Berdasarkan informasi yang dihimpunnya, misa akbar yang akan digelar di Stadion GBK, akan dihadiri oleh kurang lebih 90 ribu penganut Katolik dari berbagai penjuru Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan bahwa kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta akan berlangsung hingga 6 September 2024.

"Tanggal 3, 4, 5, dan 6 kita kedatangan tamu negara, yaitu Yang Mulia Paus Fransiskus di mana tanggal 3 kedatangan, tanggal 4 adalah kegiatan kenegaraan diterima oleh Bapak Presiden,” ungkap Heru.

Misa akbar yang dipimpin langsung oleh paus di GBK pada 5 September, kata Heru, berbarengan dengan sebuah acara penting lainnya, yakni Indonesia Sustainability Forum (ISF) yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC). Acara tersebut, katanya, menurut rencanaakan dihadiri oleh Presiden Jokowi. Maka dari itu, Heru mengimbau masyarakat untuk menghindari area Jalan Sudirman pada 5 September, atau bekerja dari rumah (WFH).

“Sehingga saya menghimbau kepada masyarakat untuk mencermati ini, khususnya tanggal 5 September. Nanti akan dijelaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan dari Polda maupun dari Kodam atau Kodim. Terkait arus lalu lintas, nanti akan ada pengalihan di titik-titik tertentu," tuturnya.sinpo