Pilkada Jakarta 2024, Djarot Syaiful: PDIP Utamakan Kader

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 27 Agustus 2024 | 02:29 WIB
PDIP
PDIP

SinPo.id -  Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat mengatakan PDIP mengutamakan mengusung kader di Pilkada Jakarta 2024. Menurut dia, ada dua jalur yang dapat ditempuh untuk mengikuti kontestasi Pilkada Jakarta, yakni jalur partai politik (parpol) dan independen.

"Peserta Pilkada itu calon-calon pemimpin yang didaftarkan oleh paprol, atau gabungan parpol. Khusus untuk Pilkada boleh nggak independen? Boleh. Di DKI ada jalur independen, oleh sebab itu, PDIP tetap setia untuk mengutamakan terlebih dulu kader-kader yang berasal dari internal parpol, itu jelas," kata Djarot di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin 26 Agustus 2024.

Sia menjelaskan fungsi partai politik ialah untuk melakukan pendidikan politik dan merekrut anggota. Selain itu, kata dia, untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin melalui proses pendidikan itu.

"Jadi kalau begitu buat apa parpol? Jangan ada merasa orang besar sendiri. Melebihi kebesarannya dari parpol, tidak. Kenapa? Karena parpol adalah satu institusi yang dibangun oleh negara sebagai penopang dalam sistem demokrasi," ungkapnya.

Untuk pasangan calon kepala daerah Jakarta, kata dia, pengumuman pasangan calon tidak diagendakan hari ini. Nantinya, calon untuk di Jakarta akan diumumkan dalam waktu satu atau dua hari ke depan, bersamaan dengan wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat.

"Sabarlah sedikit, satu dua hari, pasti Ketua Umum akan menyampaikan gitu ya, ya siapa yang nanti akan dicalonkan di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur. Jadi tunggu saja satu dua hari," tambahnya.
sinpo