PILKADA SERENTAK

Ketua DPR Ingatkan Pentingnya Merawat Persatuan Selama Pilkada 2024

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 16 Agustus 2024 | 16:52 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Tim Media)
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Tim Media)

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pentingnya merawat persatuan dan kesatuan bangsa selama perhelatan Pilkada Serentak 2024. Perbedaan pandangan politik tak boleh menjadi jurang pemisah antara sesama bangsa Indonesia.

"Boleh saja kita berbeda pandangan politik, berbeda partai politik, apalagi berbeda apa yang disuka dan yang tidak suka, tetapi kita harus selalu ingat bahwa ada yang lebih penting dari semua perbedaan-perbedaan tersebut, yaitu bagaimana kita dapat merawat dan menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia," kata Puan saat menyampaikan pidato pengantar sidang bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

Puan mengatakan segala peristiwa yang terjadi dalam pelaksanaan Pemilu 2024, baik yang manis maupun pahit harus menjadi bahan introspeksi dan pelajaran bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Yang sudah baik, mari kita pertahankan. Yang masih kurang baik, terutama yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi, tentu harus diperbaiki," ucapnya.

Mantan Menko PMK itu juga menegaskan merawat persatuan bangsa tidak hanya sebatas saat perhelatan pesta demokrasi. Tetapi juga dalam rangka mewujudkan Indonesia yang berkemajuan.

Dalam usaha untuk mewujudkan tujuan tersebut, kata Puan, dibutuhkan perjuangan, gotong royong, dan kerja bersama seluruh anak bangsa yang memiliki beragam suku dan budaya.

Puan mengingatkan semua pihak agar tetap mawas diri terhadap perpecahan karena berdasarkan pengalaman yang ada. Dia mengingatkan banyak negara gagal merajut persatuan karena masalah politik, krisis ekonomi, keadilan, dan krisis kepercayaan rakyat.

"Indonesia dapat merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa, ber-Bhinneka Tunggal Ika dalam begitu banyak keragaman hanya karena kita memiliki Pancasila sebagai ideologi kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai jiwa bangsa Indonesia," ucapnya.

Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema 'Nusantara Baru, Indonesia Maju' yang terdiri atas Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.sinpo

Komentar: