Sidang Tahunan MPR 2024, Jokowi Pamer Bangun 366 Ribu Km Jalan Desa dan 2. 700 Km Tol

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 16 Agustus 2024 | 12:25 WIB
Presiden Joko Widodo saat memasuki Gedung MPR/DPR/DPD RI. (SinPo.id/Ashar)
Presiden Joko Widodo saat memasuki Gedung MPR/DPR/DPD RI. (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo mengatakan, selama sepuluh tahun terakhir kepemimpinannya, pemerintah telah mengedepankan pembangunan yang Indonesia sentris. Yaitu, membangun infrastruktur yang dimulai dari pinggiran, desa, dan daerah terluar.

"Sampai saat ini, kita telah membangun 366 ribu kilometer jalan desa, 1,9 juta meter jembatan desa, 2.700 kilometer jalan tol baru, 6.000 kilometer jalan nasional, 50 pelabuhan dan bandara baru, serta 43 bendungan baru, dan 1,1 juta hektare jaringan irigasi baru," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Agustus 2024.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai, dari masifnya pembangunan infrastruktur di desa-desa, dan daerah pinggiran tersebut, Indonesia berhasil menurunkan biaya logistik dari 24 persen menjadi 14 persen di 2023. Dan, daya saing juga terkerek, dari sebelumnya peringkat 44 menjadi peringkat 27 di tahun 2024. 

"Kita mampu memperkuat persatuan karena akses yang lebih merata dan berkeadilan." kata Jokowi.

Selain itu, lanjut Jokowi, ketangguhan Indonesia sebagai sebuah bangsa juga terbukti dari daya tahan dalam menghadapi pandemi Covid-19, menghadapi perubahan iklim, dan menghadapi geopolitik dunia yang semakin memanas. 

"Patut kita syukuri Alhamdulillah, Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang mampu pulih lebih cepat, bahkan terus bertumbuh," tukasnya.sinpo

Komentar: