Jokowi: Tahun Depan, Insya Allah Bapak Prabowo yang Sampaikan Pidato Kenegaraan

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 16 Agustus 2024 | 12:10 WIB
Presiden Joko Widodo. (SinPo.id/Youtube DPR)
Presiden Joko Widodo. (SinPo.id/Youtube DPR)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo mengatakan, tahun depan, Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang akan menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI. Karena, tanggal 20 Oktober 2024 mendatang, dirinya akan menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan nasional kepada Prabowo Subianto. 

"Kepada Presiden Terpilih, Bapak Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto, tahun depan, Insya Allah, Bapak yang akan menyampaikan pidato kenegaraan," kata Jokowi dalam pidato Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI di Kompleks Parlemen, Jakarta  Pusat, Jumat, 16 Agustus 2024.

Mantan Wali Kota Solo itu mengaku menyerahkan semua harapan dan cita-cita masyarakat Indonesia yang berada di pinggiran hingga pusat kota kepada Prabowo, agar dapat mewujudkannya.

Kepala Negara pun mendoakan agar pemerintahan Prabowo mendatang senantiasa diberi kemudahan dan kelancaran dalam membangun Indonesia menjadi negara maju. 

"Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk dan kemudahan bagi bangsa Indonesia dalam kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto pada pemerintahan periode mendatang," kata Jokowi. Mendengar pesan itu, Prabowo pun berdiri dari bangku tempatnya duduk dan sikap hormat menerima mandat.

Jokowi melanjutkan, sepuluh tahun memimpin Indonesia, bukanlah waktu yang cukup panjang untuk mengurai semua permasalahan bangsa.

Jokowi menyadari bahwa sebagai pribadi yang jauh dari kata sempurna, sebagai insan yang tumbuh dalam segala keterbatasan, dan sebagai manusia yang jauh dari kata istimewa, sangat mungkin ada yang luput dari pengawasannya. 

"Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa, untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tergapai. Sekali lagi, kami mohon maaf. Ini adalah yang terbaik, yang bisa kami upayakan bagi rakyat Indonesia, bagi bangsa dan negara Indonesia," tegasnya.sinpo

Komentar: