Jokowi Pamit di Sidang Tahunan MPR RI 2024: Maaf untuk Setiap Hati yang Kecewa

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 12:01 WIB
Presiden Jokowi. (SinPo.id/Ashar)
Presiden Jokowi. (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan permintaan maaf dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI.

Dia meminta maaf atas kesalahan selama menjabat presiden.

Jokowi mengatakan telah berupaya penuh memberikan yang terbaik. Namun, ia memahami pencapaiannya tak bisa menyenangkan semua pihak.

"Saya dan Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin mohon maaf. Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa, untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tergapai. Sekali lagi, kami mohon maaf," kata Jokowi di Sidang Tahunan MPR di Jakarta pada Jumat, 16 Agustus 204.

Jokowi mengatakan tugas menjadi presiden dan wakil presiden berat. Dia sudah menyadari hal itu sejak hari pertama mengemban jabatan ini. Meski begitu, ia tak menyerah. Jokowi sadar dia tak sendirian menghadapi berbagai tantangan. Dia percaya ada rakyat yang selalu mendukung dan mendoakan.

"Senyum, sapa, dan doa Bapak, Ibu, dan saudara-saudara se-Bangsa se-Tanah Air adalah sumber kekuatan saya," ujarnya.

"Izinkan kami menyampaikan terima kasih yang tulus. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Ibu semua. Kepada seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi juga pernah meminta maaf kepada rakyat. Hal itu ia sampaikan pada acara zikir dan doa kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta, 1 Agustus 2024.sinpo

Komentar: