Ketua MPR Dorong Pembentukan Angkatan Siber Sebagai Matra Baru TNI

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 16 Agustus 2024 | 12:03 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (SinPo.id/Youtube DPR RI)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (SinPo.id/Youtube DPR RI)

SinPo.id - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong TNI membentuk Angkatan Siber sebagai matra baru. Pembentukan matra baru ini dinilai penting untuk meningkatkan keamanan siber di Tanah Air. 

Tak hanya itu, Bamsoet yakin matra Angkatan Siber ini nantinya dapat memperkuat tiga matra yang sudah ada di TNI, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

"Untuk itu, sudah saatnya Indonesia segera mempersiapkan pembentukan matra ke-IV Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan menghadirkan Angkatan Siber. Kehadirannya untuk memperkuat tiga matra yang sudah ada," kata Bamsoet saat menyampaikan pidatonya dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 di Kompleks Parlemen, Jumat, 16 Agustus 2024.

Waketum Partai Golkar itu kemudian menyinggung kasus peretasan data nasional yang terjadi beberapa waktu lalu. Menurutnya, kasus peretasan itu menjadi bukti bahwa ketahanan siber Indonesia masih rentan.

"Ketahanan keamanan siber di Indonesia juga masih perlu peningkatan. Ini terkait juga dengan kasus peretasan data nasional, yang mengisyaratkan urgensi ketersediaan lembaga pemerintah yang berfokus pada keamanan siber, termasuk peraturan hukum," ucapnya.

Pada pidatonya juga, Bamsoet mengungkap situasi geopolitik Indonesia sangat rawan. Salah satunya, posisi Indonesia yang berhadapan langsung dengan trisula negara persemakmuran Inggris.

"Malaysia, Singapura, dan Australia, yang tergabung dalam Five Power Defence Arrangement (FFDA) bersama Selandia Baru dan Britania Raya, dan di sisi lain, juga berada dalam arena pertarungan geopolitik Rusia, Tiongkok, dan Amerika," kata dia.sinpo

Komentar: