Suswono Dikabarkan Bakal Dampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta, Ini Kata Demokrat

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 16 Agustus 2024 | 13:23 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (SinPo.id/Sigit Nuryadin)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (SinPo.id/Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Partai Demokrat angkat bicara ihwal kabar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suswono bakal menjadi kandidat kuat calon wakil gubernur (cawagub) pendamping Ridwan Kamil atau RK di Pilkada Jakarta 2024.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut partainya sangat mengenal sosok Suswono lantaran pernah menjabat sebagai menteri pertanian di pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

"Tadi ada pertanyaan bagaimana dengan sosok Pak Suswono, kami juga tentunya kenal, karena beliau pernah menjadi Menteri di zaman Presiden SBY sebagai Menteri Pertanian ketika itu," kata AHY kepada wartawan di Kantor DPP DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Agustus 2024, malam. 

Kendati demikian, AHY mengaku belum bisa menyampaikan lebih jauh terkait kabar tersebut. Dia menegaskan, Demokrat akan mengumumkan paslon gubernur yang diusung di Pilkada Jakarta pada waktunya. 

"Kami hanya fokus saat ini mengukur kans kemenangan dan harapannya tentu bisa mulus segala sesuatunya dan pada saatnya saya akan menyampaikan secara resmi pasangan calon yang kami usung," ungkap dia. 

Seperti diketahui, Ketua Harian Partai Gerindra Dasco mengungkapkan partainya segera mengumumkan Ridwan Kamil (RK)-Suswono sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Jakarta pada Senin, 19 Agustus 2024.

"Secara resminya kami sepakat agar mengumumkan pada tanggal 19 Agustus, kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2024.

Sejauh ini, partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pun masih membahas teknis pengumuman itu digelar secara terpisah atau secara bersamaan.

Dasco mengamini pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yang menyebut pasangan Ridwan Kamil adalah Suswono. Dia menegaskan Gerindra baru akan secara resmi mengumumkan pasangan itu pada 19 Agustus.

"Ya itu kan nama yang beredar, ada juga ya tadi mungkin Pak Zul sudah ngomong," kata Dasco.sinpo

Komentar: