Polri Kerahkan 1.073 Personel untuk Kawal Tamu VIP dan VVIP HUT RI di IKN

Laporan: Firdausi
Kamis, 15 Agustus 2024 | 12:47 WIB
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko (SinPo.id/Dok.Polri)
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko (SinPo.id/Dok.Polri)

SinPo.id - Polri mengerahkan 1.073 personel dari Polda Kalimantan Timur untuk mengawal HUT RI yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Pengamanan dibagi dalam tujuh satuan tugas (satgas), yakni dari Polres Balikpapan, dan Polres Penajam Paser Utara. 

"Sebanyak 1.073 personel dari Polda Kalimantan Timur akan dikerahkan untuk pengamanan HUT RI di IKN," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Kamis, 15 Agustus 2024. 

Dia menuturkan, ribuan personel itu nantinya akan dikerahkan untuk mengawal para tamu undangan upacara HUT RI. Baik itu tamu VIP, VVIP, dan tamu undangan lainnya. 

"Ini juga pengamanan VIP dan VVIP bekerja sama dengan Kodam 6 Mulawarman," ujarnya. 

Selain pengamanan tamu, Polri juga mengerahkan 897 personel untuk melakukan pengawalan rute hingga kantong parkir. 

"Anggota 897 personel fokus untuk pengamanan lalu lintas. Ada 87 kendaraan roda empat dan 31 kendaraan roda dua untuk pengamanan dan pengawalan," ungkapnya. 

Seperti diketahui, pemerintah bakal menggelar upacara HUT ke-79 RI di dua tempat yakni di IKN dan Istana Merdeka, Jakarta.  

Di Istana Merdeka akan dihadiri oleh Wapres dan mantan Wapres. Sementara, di Istana Kepresidenan di IKN akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Presiden terpilih periode 2024—2029 Prabowo Subianto, dan mantan Presiden lainnya.sinpo

Komentar: