Bawaslu Dorong Staf Sekretariat Tingkatkan Kemampuan sebagai Penyelenggara Pemilu

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 15 Agustus 2024 | 13:11 WIB
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja. (SinPo.id/Dok. Bawaslu)
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja. (SinPo.id/Dok. Bawaslu)

SinPo.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mendorong jajaran staf di sekretariat untuk meningkatkan kemampuannya sebagai penyelenggara pemilu.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan, peningkatan kemampuan para staf akan sangat berguna untuk menunjang kerja dan fungsi Bawaslu.

"Bapak ibu teman-teman ketua perhatikan formasi, keahlian, dan keterampilan teman-teman staf. Kami melihat teman-teman staf punya keahlian dan kemampuan yang mendukung Bawaslu," kata Bagja dalam keterangannya dikutip Kamis, 15 Agustus 2024.

Dia menyebut, Bawaslu akan membuka pendidikan dan pelatihan (diklat) kepemimpinan pada tahun 2025. Tak hanya di Bawaslu, dia juga mendorong para staf untuk mengikuti diklatpim di lembaga lain demi meningkatkan kemampuan para staf.

Selain staf, Bagja juga meminta para Kepala Sekretariat (Kasek) untuk mengikuti pelatihan mediator. 

"Minta juga para kasek untuk ikut pelatihan mediator. Para kasek harus pegang namanya tahapan dan jadwal. Nanti kalau ada sengketa siapa yang fasilitasi kasek dan kasubbag. Siapa yang membuat notulensi teman-teman sekretariat," tutur dia. 

Lebih lanjut, Bagja menuturkan, sudah menjadi tugas staf dan sekretariat untuk membantu ketua dan anggota dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Oleh karenanya, dia membuka berbagai saran untuk pelatihan kedepan.

"Silakan kemampuan apa yang perlu diperlukan oleh kasek dan kasubbag, sampaikan kepada kami. Diklat apa yang ingin dilakukan, sampaikan juga. Silakan teman-teman tingkatkan kemampuan sebagai penyelenggara pemilu," tandasnya. sinpo

Komentar: