Sudah Datang ke Gedung Merah Putih, Hasto Kristiyanto Batal Diperiksa KPK

Laporan: david
Kamis, 15 Agustus 2024 | 11:57 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto.
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto.

SinPo.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto menyambangi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini Kamis, 15 Agustus 2024.

Hasto tiba dengan didampingi sejumlah tim hukum PDIP sekitar pukul 10.00 WIB. Dia mengaku akan memberikan keterangan yang dibutuhkan tim penyidik. 

"Jadi hari ini, saya memenuhi panggilan dari KPK untuk memberikan keterangan yang sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya. Penjelasan secara detail nanti setelah saya memberikan keterangan sebagai saksi," kata Hasto kepada wartawan.

Hasto belum dapat berkomentar banyak mengenai materi yang akan disampaikannya kepada penyidik. Yang pasti, Hasto mengaku siap memberikan keterangan. 

"Ya nanti kita lihat, yang ditanyakan apa saja, siap memberikan keterangan semuanya dengan baik," katanya.

Tak lama kemudian, Hasto keluar Gedung Merah Putih KPK. Hasto batal diperiksa lantaran pemeriksaannya dijadwalkan pada Jumat besok, 16 Agustus 2024.

KPK pun menjadwalkan ulang pemeriksaan Hasto pada Selasa, 20 Agustus 2024. Sebab, Hasto mengaku sudah memiliki agenda lain besok.

"Hari Senin kemarin saya berkirim surat untuk memohon agar bisa dijadwalkan pada hari ini, dimajukan satu hari. Tetapi KPK rupanya sangat sibuk dan kami memaklumi hal tersebut," kata Hasto.

"Sehingga akhirnya tadi disepakati untuk dijadwalkan ulang pada tanggal 20 Agustus hari Selasa jam 10 pagi. Sehingga nanti saya akan datang untuk memberikan keterangan yang diperlukan dengan sebaik-baiknya, dengan sejujurnya," kata dia.

Diketahui, KPK sebelumnya menjadwalkan memeriksa Hasto terkait kasus dugaan korupsi proyek di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub pada Jumat 19 Juli 2024.

Namun, Hasto saat itu tidak memenuhi panggilan pemeriksaan lantaran sedang berada di Yogyakarta dan surat pemanggilan baru diketahuinya pada pagi hari.sinpo

Komentar: