Mendagri Sebut Kehadiran Kepala Daerah di IKN Bakal Jadi Bagian dari Sejarah Bangsa

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 13 Agustus 2024 | 16:52 WIB
Kunjungan para Kepala daerah di IKN (SinPo.id/ Kemendagri)
Kunjungan para Kepala daerah di IKN (SinPo.id/ Kemendagri)

SinPo.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut kehadiran kepala daerah di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur bakal menjadi bagian dari sejarah bangsa Indonesia. Hal itu lantaran kedepannya infrastruktur IKN akan terus mengalami kemajuan dan perkembangan. 

"Kita jangan mikir sekarang sejarahnya, 50 tahun 75 tahun ke depan ini bukan lagi seperti ini barangnya, high rise building di mana-mana mungkin, dengan segala macam, nanti yang bicara nanti anak cucu kita. Kita membuat sejarah hari ini," kata Tito dalam keterangannya, Selasa, 13 Agustus 2024.

Tito pun menekankan kepada kepala daerah ihwal betapa berharganya kesempatan mengunjungi dan merasakan langsung suasana di IKN. Tito menyebut, para kepala daerah yang hadir tidak hanya melihat, tetapi juga merasakan infrastruktur baru secara langsung.

"Jadi, istana negara itu bawahnya yang warna putih. Itu ada gedung tinggi, itu adalah kantornya presiden, sudah jadi. Enak naik lift segala macam, nanti ingin merasakan naik lift-nya gubernur, bupati, wali kotanya di bawah nanti," ungkap dia. 

Lebih lanjut, Tito menegaskan akan berupaya menumbuhkan rasa kebanggaan nasional di antara para kepala daerah dan masyarakat Indonesia dengan menunjukkan bahwa IKN adalah hasil karya bangsa sendiri.

"Jadi, ini dibangun oleh anak bangsa sendiri. Itu kebanggaan kita," ujar Tito. 

Sebagai informasi, selain meninjau infrastruktur IKN, para kepala daerah juga mendapat arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. Dari 552 kepala daerah, sebanyak 517 kepala daerah yang dapat hadir langsung di IKN, sedangkan 35 lainnya berhalangan hadir.sinpo

Komentar: