PEMBANGUNAN IKN

Jokowi dan Prabowo Tegaskan Komitmen Lanjutkan IKN

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 12 Agustus 2024 | 18:27 WIB
Prabowo Subianto dan Joko Widodo (SinPo.id/Setkab)
Prabowo Subianto dan Joko Widodo (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, menegaskan komitmen mereka terhadap keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Keduanya sepakat menjadikan IKN sebagai simbol masa depan bangsa yang harus diselesaikan di tengah banyaknya tantangan.

"Pemerintah sudah memulai di kawasan inti untuk pemerintahan di sini," kata Jokowi dalam keterangan persnya, dikutip Senin 12 Agustus 2024.

"Ini menunjukkan kuatnya keinginan kita untuk menyelesaikan fisiknya yang berkaitan baik dengan Istana Presiden-Wakil Presiden, kemudian kemenko, kemudian kementerian, yang kita harapkan itu akan mendorong investor sebanyak-banyaknya untuk masuk ke investasi di IKN karena investasi di IKN ini adalah investasi masa depan, bukan sekarang," lanjutnya.

Terkait dengan Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemindahan ibu kota, Jokowi menyatakan bahwa prosesnya tidak hanya menyangkut masalah administrasi, tetapi juga kesiapan lapangan.

"Nanti kita lihat karena itu menyangkut bukan administrasi saja, bukan masalah keppresnya atau perpresnya, tetapi proses di lapangan juga harus kita lihat, kesiapan di lapangan harus siap, kesiapan perpindahan. Ini pindah rumah saja kita itu waduh ribetnya, ini pindah ibu kota. Jadi jangan menggampangkan," jelasnya.

Sementara itu, Prabowo juga menegaskan kembali tekadnya untuk melanjutkan pembangunan IKN yang telah dirintis oleh Jokowi, meskipun pembangunan ibu kota bukanlah pekerjaan yang cepat dan mudah. Tetapi ia optimis dalam tiga hingga lima tahun ke depan, fungsi dari IKN sudah bisa berjalan dengan baik.

"Saya bertekad untuk melanjutkan, kalau bisa menyelesaikan. Pak Jokowi saya kira sudah mengambil peran sejarah, beliau yang inisiasi, saya minimal saya lanjutkan. Kalau bisa saya ikut yang menyelesaikan," tandasnya.sinpo

Komentar: