PILGUB JAKARTA

AHY: Demokrat Tak Mau Buru-buru Tentukan Calon di Pilgub Jakarta

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 09 Agustus 2024 | 15:41 WIB
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Partai Demokrat menyatakan tak ingin terburu-buru dalam menentukan pasangan calon yang akan diusung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan Ketua Umumn Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) seusai menyerahkan Surat Rekomendasi kepada calon kepala daerah di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, pada Kamis, 8 Agustus 2024, malam. 

Menurut AHY, kontestasi politik di DKI Jakarta memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya, Jakarta selalu menjadi etalase politik dengan skala nasional. 

Oleh karenanya, lanjut AHY, Partai Demokrat ingin mempersiapkan langkah terbaik untuk menghadapi Pilgub DKI Jakarta.

"DKI Jakarta secara khusus kami akan persiapkan," ucap AHY kepada wartawan. 

AHY mengakui, Koalisi Indonesia Maju (KIM) ingin membangun kebersamaan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada). Salah satu daerah yang menjadi prioritas di diskusikan sangat serius oleh KIM ialah DKI Jakarta.

Dia berujar, Pilkada DKI Jakarta merupakan salah satu prioritas utama partai yang tergabung dalam KIM untuk bisa kembali membangun koalisi. Namun, Partai Demokrat masih belum bulat menentukan pilihan. 

"Sejak awal saya mengatakan, Demokrat sendiri tidak ingin terburu-buru. Kami ingin terus mengukur menghitungkan kansnya," ungkap AHY. 

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, partainya masih terus menganalisis setiap peluang yang ada. Termasuk peluang untuk mengusung kader sendiri, baik sebagai cagub maupun cawagubnya, di Pilgub DKI Jakarta. 

AHY mengaku masih optimistis untuk bisa memunculkan kadernya untuk diusung. Di satu sisi, partainya juga akan tetap realistis terhadap dinamika politik yang terjadi.

"Kami tahu bahwa DKI Jakarta juga nanti akan sengit pertarungannya dan sudah muncul tokoh-tokoh lain seperti Bung Ridwan Kamil, misalnya," ujar AHY. 

Dia menambahkan, Partai Demokrat masih terus menghitung segala peluang yang ada. Setelah itu, baru Partai Demokrat akan menentukan sikap dalam Pilgub DKI Jakarta. 

"Ini juga terus menjadi perhitungan yang kami lakukan dan pada saatnya Demokrat juga akan mengumumkan akan mengumumkan siapa yang akan kami usung," tandasnya. sinpo

Komentar: