Perkuat Keamanan Digital, Wapres Minta Ciptakan “Vaksin” Serangan Siber

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 09 Agustus 2024 | 00:21 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/Setpres)
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan serangan siber yang belakangan ini terjadi menjadi perhatian khusus Pemerintah. Karena itu, keamanan siber menjadi salah satu pilar utama dalam pengembangan ekonomi digital nasional.

Menurut Ma'ruf Amin, ancaman digital yang menyasar data nasional dan pribadi masyarakat membutuhkan penanganan intensif berupa langkah-langkah progresif oleh negara melalui kolaborasi Polri dengan lembaga lainnya.

“Upayakan langkah- langkah inovatif dan komprehensif yang dapat menjadi ”vaksin” bagi semua serangan siber. Hilangkan sekat-sekat birokrasi yang kaku, karena kita semua bekerja dalam kerangka NKRI,” kata Ma’ruf Amin saat menghadiri secara virtual Seminar Peserta Didik Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (SESPIMTI) POLRI Pendidikan Reguler (DIKREG) Ke-33 Tahun 2024, Kamis, 8 Agustus 2024.

Ma'ruf Amin juga menekankan pentingnya untuk cepat tanggap dalam menghadapi aduan masyarakat. Sikap ini harus dipedomani oleh anggota Polri di seluruh tingkatan.

“Tingkatkan kemampuan SDM aparatur di bidang siber agar lebih responsif dan tanggap atas laporan masyarakat. Latih personil Polri dari tingkat Mabes sampai ke tingkat Polsek dengan melibatkan unsur-unsur terkait,” ungkapnya.

Ma'ruf Amin mengingatkan, sebagai institusi yang menjalankan fungsi pengamanan dan pengaturan masyarakat agar tercipta situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban, Polri harus dapat menerima masukan masyarakat yang dilayaninya. Hal ini semata untuk terus meningkatkan kinerja dan kepercayaan publik terhadap Polri.

“Dengarkan saran kritik masyarakat dan tindak lanjuti secara nyata sesuai dengan prosedur yang ada. Aspirasi masyarakat merupakan dorongan untuk memberikan pelayanan keamanan dan ketertiban yang lebih baik lagi di masa mendatang,” tandasnya.sinpo

Komentar: