Belajar dari Era Firli Cs, Yudi Purnomo Minta Pansel Pilih Capim Tak Bermasalah

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 08 Agustus 2024 | 14:30 WIB
Firli Bahuri (Sinpo.id/Ashar)
Firli Bahuri (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan Panitia Seleksi (Pansel) agar memilih calon pimpinan KPK yang tak bermasalah.

"Saya mengingatkan kepada pansel agar seleksi tersebut benar benar menyeleksi orang orang yang tidak mempunyai permasalahan apapun baik etik maupun prilaku yang berkaitan dengan rekam jejak yang nantinya akan mengganggu dalam kinerjanya sebagai pimpinan KPK," kata Yudi Purnomo dalam keterangannya, Kamis, 8 Agustus 2024.

Layaknya belajar dari era kepemimpinan Firli Bahuri, para komisioner KPK banyak diterpa isu tak sedap mulai dari penerimaan gratifikasi hingga kasus pemerasan.

"Karena itu yang nanti malah menjadi sorotan bukan kinerjanya," kata dia.

Mantan ketua Wadah Pegawai KPK ini menegaskan, kedepannya KPK butuh pemimpin yang rekam jejaknya bagus dan dikenal masyarakat sebagai figur yang baik dan independen.

"Dengan demikian ada kepercayaan dari masyarakat mereka bisa menjalankan organisasi KPK dan berprestasi dalam memberantas korupsi begitu juga sebaliknya jika dari pemimpinnya saja sudah tidak dapat kepercayaan maka kinerja KPK kedepan sudah tidak dipercaya masyarakat, diyakini juga akan semakin anjlok kinerja KPK," kata Yudi.

Mengingat proses seleksi akhirnya ada sepuluh orang yang akan dibawa ke DPR, Yudi berharap para capim KPK ini merupakan hasil seleksi terbaik Pansel yang tanpa cacat.

"Saya mewanti wanti Pansel agar nantinya tidak salah memilih 10 nama yang akan dikirim ke DPR," tukas dia.
sinpo

Komentar: