Ketua DPR: Konsumsi Pangan Lokal Bisa Kurangi Emisi dan Hindari Diabetes

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 08 Agustus 2024 | 09:48 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (SinPo.id/Dok. DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (SinPo.id/Dok. DPR RI)

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa mengonsumsi bahan pangan lokal bisa mengurangi emisi sebanyak 20 persen dan bermanfaat untuk menghindari ancaman penyakit diabetes.

“Hebatnya singkong yang mudah ditemukan sehari-hari ini juga diminati pasar internasional untuk dibuat tapioka dan bahan pangan lain,” kata Puan dalam keterangan persnya, dikutip pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Menurutnya, singkong juga dapat dikembangkan menjadi produk pangan strategis yang dapat diunggulkan sebagai pendukung gerakan penganekaragaman konsumsi pangan. Karena singkong memiliki banyak manfaat.

Terlebih manfaat produk pangan lokal juga sudah diakui oleh sejumlah ahli. Karena selain bagus untuk kesehatan, mengonsumsi bahan pangan lokal dapat meningkatkan pendapatan para petani dan memberi kontribusi dalam peningkatan lapangan kerja.

“Tidak hanya membantu mencegah diabetes, langkah ini juga mendukung petani lokal dalam hal produksi dan distribusi makanan alami hasil pertanian Tanah Air,” tuturnya.

Apalagi di era modern yang penuh dengan pilihan makanan tinggi gula dan makanan ultra-proses, banyak orang tua dan anak-anak yang tidak sepenuhnya menyadari dampak jangka panjang dari konsumsi makanan tersebut.sinpo

Komentar: